facebook

4 Tips Mengatasi Writers Block yang Wajib Kamu Terapkan, Menulis Jadi Lebih Bebas!

Desyta Rina Marta Guritno
4 Tips Mengatasi Writers Block yang Wajib Kamu Terapkan, Menulis Jadi Lebih Bebas!
Ilustrasi Mengetik. (Pixabay/StartupStockPhotos)

Writers block adalah permasalahan yang sering dialami oleh penulis, keadaan tersebut bisa terjadi saat penulis tidak memiliki ide untuk menulis.

Kalau sudah mengalami writers block biasanya penulis akan mati kutu, keadaan seperti ini menjadikan penulis terpaksa harus menghentikan kegiatan menulisnya terlebih dahulu dan mencari ide lagi.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Berikut 4 tips mengatasi writers block yang wajib kamu terapkan.

1. Luapkan Perasaan

Salah satu cara yang ampuh mengatasi writers block adalah dengan meluapkan perasaan. Tulis apa yang ingin kamu tulis dan jangan membatasinya, terkadang memulai menulis hanya membutuhkan mood yang bagus saja.

Kalau moodmu sudah bagus, maka proses menulis juga lancar. Dengan meluapkan perasaan dan tidak membatasinya, itu bisa membantumu membangun mood yang baik untuk mulai menulis dan writers block pun bisa teratasi.

2. Mencari Inspirasi

Writers block adalah kondisi dimana kamu merasa tidak ada ide yang bisa ditulis. Untuk menyiasatinya, kamu perlu mencari inspirasi.

Inspirasi bisa didapat dari berbagai hal seperti memutar lagu, menonton film, membaca buku, dan lain-lain. Lakukan kegiatan yang kamu sukai agar otakmu lebih fresh dan banyak inspirasi masuk.

3. Lupakan Aturan Penulisan

Agar lebih lancar dalam menulis dan mengatasi writers block, sejenak lupakan tentang aturan penulisan seperti tanda baca, penulisan huruf kapital, dan lain-lain.

Menulislah dulu sesuai dengan apa yang ingin kamu tulis, mumpung ide di otakmu belum kabur. Setelah selesai, baru kamu bisa melakukan proses editing guna membenarkan kesalahan-kesalahan yang ada.

4. Berhenti Sejenak

Saat mengalami writers block kamu tidak perlu memaksakan diri untuk tetap menulis. Mungkin keadaan tersebut merupakan indikasi kamu harus berhenti sejenak dan mengistirahatkan otak, jika dirasa sudah lebih baik kamu bisa mulai menulis lagi dengan pikiran dan ide yang lebih fresh.

Itulah 4 tips mengatasi writers block yang wajib kamu terapkan. Keadaan ini memang menjadi musuh terbesar para penulis, meski begitu tetaplah menulis karena writers block adalah saat kamu harus istirahat bukan sepenuhnya berhenti. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak