facebook

5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Penyiar Radio, Harus Jago Public Speaking

Jessie YiCha
5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Penyiar Radio, Harus Jago Public Speaking
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan siaran radio (Unsplash/Soundtrap).

Media radio menjadi lebih booming selama beberapa tahun terakhir, khususnya setelah banyak orang yang menerapkan work from home dan memiliki banyak waktu luang. Statistik di berbagai stasiun radio menunjukkan kenaikan jumlah pendengar yang signifikan. Podcast audio di berbagai platform streaming juga semakin digemari warganet. 

Seiring dengan ramainya konten siaran radio dan podcast, banyak pula orang yang tertarik menjadi penyiar radio. Namun, pastinya ada hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk menjadi seorang penyiar radio yang profesional. Berikut ini 5 kemampuan yang wajib dimiliki penyiar radio

Public speaking

Berbicara merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan seorang penyiar radio. Meskipun penulis skrip sudah mempersiapkan materi pembicaraan dan susunan acara, kamu juga perlu memiliki kemampuan public speaking yang baik supaya bisa menyampaikan konten siaran dengan cara yang sesuai dan disukai pendengar. 

Story telling

Terkadang, kamu akan menemui beberapa jenis konten yang harus disampaikan dengan santai, seolah-olah sedang bercerita dengan orang terdekatmu. Pembawaanmu yang mengalir dan asyik saat membuka siaran juga akan menentukan apakah pendengar tertarik mendengarkanmu sampai selesai atau tidak. Dalam bagian ini, kemampuan story telling yang memikat dan relate dengan kehidupan pendengar akan sangat dibutuhkan. 

Improvisasi

Kamu tidak bisa selalu terpaku pada skrip jika ingin menyampaikan siaran yang mengalir dan membuat pendengar enjoy. Kamu perlu berimprovisasi dan menambahkan beberapa filler words supaya konten siaran tidak terlalu kaku. Namun, ini juga bergantung pada jenis siaran yang hendak kamu bawakan. Jika kontenmu cukup formal, seperti berita masyarakat, maka filler words sebaiknya tidak kamu gunakan. 

Trend update

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang media massa populer, kamu perlu mengikuti tren yang terjadi di dunia hiburan, masyarakat sekitar, maupun bidang pekerjaanmu. Jika kamu ingin bekerja di radio yang membawakan berita-berita bisnis dan keuangan, maka tentunya kamu harus peka terhadap isu-isu ekonomi, saham, bisnis, dan sebagainya. Selain terdengar lebih meyakinkan, memahami tren juga akan membuatmu terhindar dari fenomena kehabisan topik dengan lawan bicara. 

Social communication

Dalam membawakan sebuah siaran radio, seringkali kamu tidak berbicara sendirian. Kamu mungkin akan memiliki co-host, maupun harus berinteraksi dengan pendengar melalui telepon secara langsung. Pada saat itulah kemampuan komunikasi sosialmu akan sangat diperlukan. Kamu harus cepat tanggap dan bisa menyesuaikan diri dengan topik pembicaraan yang diangkat. Pada saat berkomunikasi dengan pendengar, kamu juga perlu menunjukkan simpati supaya pendengar merasa benar-benar terlibat dalam pembicaraan tersebut. 

Itulah 5 kemampuan yang perlu kamu miliki jika ingin menjadi penyiar radio. Kamu tidak harus langsung menguasai semua skill tersebut. Pelajarilah perlahan dan mulai praktik dari sekarang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak