facebook

Analisis Jelang Semifinal Sepakbola SEA Games 2022 Indonesia Vs Thailand

Prasiyanto Priadi
Analisis Jelang Semifinal Sepakbola SEA Games 2022 Indonesia Vs Thailand
Timnas Indonesia (Instagram/pssi)

Indonesia memastikan satu tiket ke babak semifinal sepakbola SEA Games 2022, setelah mengalahkan Myanmar pada pertandingan terakhirnya. Pada babak semifinal yang rencananya akan berlangsung pada 19 Mei 2022, Indonesia akan bertemu dengan juara grup B yaitu Thailand. Thailand sendiri lolos berstatus sebagai juara grup setelah pada pertandingan terakhir mampu mengalahkan Laos.

Indonesia pada babak semifinal agak sedikit pincang, karena salah satu pemain andalan Shin Tae Yong yaitu Asnawi harus absen karena telah mendapat dua kali kartu kuning. Kemungkinan besar posisi yang ditinggalkan Asnawi akan diisi oleh pemain muda Ilham Rio Fahmi, memang sedikit ada keragu-raguan jika memasang seorang Rio Fahmi, namun hanya ada opsi Rio. Tetapi penampilan Rio sendiri sudah mengalami peningkatan yang cukup baik setelah kekalahan dari Vietnam pada laga pertama. Kabar gembiranya Saddil Ramdani akan kembali bergabung dengan skuad Shin Tae Yong. Ini tentunya akan menjadi salah satu kekuatan Timnas kala bertemu dengan Thailand nantinya.

Pada laga melawan Thailand, Timnas Indonesia harus bisa mengontrol permainan. Kuncinya adalah pada lini tengah yang diisi oleh Marc Klok, Ricky Kambuaya, Abimanyu atau bahkan Rachmat Irianto. Selain itu apa yang terjadi pada pertandingan pertama kali bertemu dengan Vietnam jangan sampai terulang kembali, pola permainan yang tidak terlihat, hingga kesalahan-kesalahan mendasar jangan sampai terulang, setiap para pemain harus mempunyai mental bertanding yang kuat.

Pada pertandingan semifinal ada dua kemungkinan yang akan dilakukan oleh Shin Tae Yong, bertahan atau menyerang. Dari beberapa laga yang telah dijalani ada beberapa opsi, pertama jika ingin menyerang dari awal pertandingan bisa menggunakan 4-1-4-1 dengan menaruh satu gelandang bertahan yang menjaga kedalaman dan penghubung antar lini. Kedua bisa menggunakan 4-2-3-1 dengan menempatkan dua gelandang bertahan, mungkin dengan menempatkan dua gelandang bertahan, pertahanan Indonesia bisa lebih kuat. Atau bahkan bertahan total dengan menempatkan 5 pemain belakang. Tentu pilihan pemain hingga pola permainan adalah hak sepenuhnya dari seorang pelatih.

Bagaimana kiprah Indonesia di Sea Games kali ini? Patut kita tunggu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak