facebook

Bikin Timnas Vietnam Jadi Kuat, Ini 3 Kelebihan Park Hang-seo

Risen Dhawuh Abdullah
Bikin Timnas Vietnam Jadi Kuat, Ini 3 Kelebihan Park Hang-seo
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Park Hang-seo? Bagi kalian pecinta sepak bola, tentu nama tersebut tidak asing. Semenjak ia menjadi pelatih timnas senior Vietnam maupun U-23, namanya semakin berkibar di media massa. Ini karena pencapaiannya yang fenomenal.

Salah satu pencapaian yang paling fenomenal adalah membawa timnas senior Vietnam ke putaran ketiga kualifikasi piala dunia 2022. Artinya, timnas Vietnam satu langkah lagi bisa melangkah ke putaran piala dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar.

Namun, sayangnya Vietnam tidak lolos. Meski begitu, pencapaian Park Hang-seo tetap saja terbilang fenomenal. Sebab, putaran ketiga kualifikasi musuh-musuh yang dihadapi bukan lagi tim sembarangan. Musuh yang dihadapi seperti, Jepang, Arab Saudi, Australia, Oman, dan China.

Sementara timnas Vietnam merupakan tim dari Asia Tenggara. Jangankan piala dunia, timnas dari negara di Asia Tenggara sulit menembus kualifikasi piala dunia putaran ketiga. Tentu ke depan, di bawah pelatih Park Hang-seo, timnas Vietnam punya program-program.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, mengapa Vietnam menjadi begitu perkasa di antara tim-tim negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, sehingga bisa lolos ke putaran ketiga kualifikasi piala dunia 2022?

Setidaknya ada beberapa alasan, mengapa Vietnam bisa tampil bagus. Salah satunya terletak pada kelebihan Park Hang-seo yang sebagai juru taktik dari timnas Vietnam.

Berikut 3 kelebihan Park Hang-seo yang membuat Vietnam menjadi timnas yang kuat:

1. Rajin Mengamati

Park Hang-seo merupakan salah satu pelatih yang rajin datang ke lapangan untuk mengamati calon lawan yang akan dihadapinya. Dengan ia datang ke lapangan menyaksikan tim yang akan dihadapinya, ia mempunyai strategi jitu untuk melumat musuh-musuhnya.

2. Tidak Menyepelekan

Kelebihan lain Park Hang-seo adalah tidak pernah menyepelekan tim yang akan dihadapi sekalipun tim lemah. Ia tetap datang ke lapangan calon lawan yang ia hadapi, mengamati langsung. Baginya, menyepelekan bisa berakibat pada keseriusan dalam pekerjaannya. Park Hang-seo menganggap semua tim yang dihadapinya sama saja.

3. Mantan Asisten Guus Hiddink

Park Hang-seo menjadi salah satu asisten pelatih yang membantu Guus Hiddink saat timnas Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Sehingga pengalamannya ini sangatlah berharga. Bukan tidak mungkin timnas Vietnam yang menjadi kuat saat ini juga ada andil dari pengalamannya.

Nah, itulah 3 kelebihan Park Hang-Seo yang membuat Vietnam menjadi timnas yang kuat. Sekali lagi, bukan tidak mungkin timnas senior Vietnam akan lolos ke piala dunia 2026!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak