facebook

6 Hal yang Bikin Pembaca Kabur, Penulis Wattpad Wajib Tahu!

Erisfa Fathimatuz Zahro
6 Hal yang Bikin Pembaca Kabur, Penulis Wattpad Wajib Tahu!
Ilustrasi orang sedang menulis. (Pexels/ Vlada Karpovich)

Wattpad merupakan platform membaca-manulis yang tak lagi asing bagi kita. Selain karena gratis, orang-orang lebih senang menulis dan membaca cerita di platform ini karena cara masuknya yang tidak sulit. 

Wattpad juga mempermudah para penulis untuk mempublikasikan suatu cerita karena kemungkinan besar cerita mereka akan dilirik oleh penerbit indie maupun mayor yang kemudian berakhir mejeng di toko buku. Bahkan, tak sedikit film serta series terkenal yang diadaptasi dari cerita Wattpad, contohnya "Mariposa" karya Luluk HF.

Bukan rahasia lagi jika mencari pembaca di Wattpad cukup mudah karena platform ini terbilang paling ramai. Namun, bukan berarti para penulis dapat sembarang menyajikan cerita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya cerita kalian laris manis di platform ini. Berikut enam hal yang membuat pembaca Wattpad malas melirik cerita kalian.

1. Cover cerita yang tidak menarik

"Don't judje a book by it's cover," pepatah yang begitu terkenal tetapi tak berlaku bagi sebagian pembaca Wattpad. Iya sih, semuanya tergantung pada alur cerita, tetapi kebanyakan pembaca lebih tertarik mampir ke cerita dengan cover yang eye catching dan memberikan sedikit gambaran apa isi dari cerita ini. Contoh, jika cerita berkisah tentang seorang ketua osis, maka cover ceritanya terdapat murid berseragam osis. Namun, buat kalian yang tidak bisa membuat cover cerita sendiri, jangan bingung karena ada banyak jasa pembuat cover. Akan tetapi, bagi yang tidak ingin keluar budget, kalian bisa mengunjungi situs penyedia gambar gratis seperti pexels dan pixabay. 

2. Karakter tokoh yang tidak masuk akal

Membuat karakter tokoh yang berlebihan juga tidak baik dan terbilang terlalu halu. Iya sih, namanya juga fiksi. Namun, kebanyakan pembaca langsung malas mampir setelah melihat deskripsi yang mencantumkan karakter tokoh utama yang berlebihan, seperti "Tidak banyak yang tahu jika Alex ternyata orang terkaya nomor satu di dunia dan lulus S3 saat umurnya masih 14 tahun serta menjadi ceo perusahaan terbesar di dunia." 

3. Karakter Terlalu Sempurna

Di dunia ini tidak ada makhluk yang sempurna. Semua orang pasti memiliki kekurangan, begitu pula dengan para tokoh cerita yang seharusnya tak jauh berbeda dengan manusia di dunia. Sebagian orang akan langsung bilang "ini kan fiksi." Iya, tetapi jangan semua diborong. Udah ganteng, kaya, pinter, jadi idola sekolah, jadi kapten basket, jadi ketua geng, sama ditakuti semua orang pula. Kalau gini tokoh lain kebagian apa? 

4. Alur yang bertele-tele

Para pembaca akan mudah bosan jika membaca adegan yang sama sekali tidak penting dan terkesan lambat. Bisa-bisa mereka malah langsung pindah ke cerita lain sebelum menginjak bab terakhir. Jadi, buat kalian para penulis tidak perlu menampilkan adegan yang tidak berinti, seperti aktivitas tokoh setelah bangun tidur mematikan alarm hingga pergi mandi yang sampai menghabiskan setengah halaman lebih. Sama sekali tidak perlu. 

5. Tanda baca berantakan

Sebagian pembaca yang sudah "melek" terhadap PUEBU tentu akan sakit mata ketika membaca cerita dengan tanda baca yang berantakan, seperti koma diganti dengan tanda titik atau dialog tanpa tanda petik. Lebih parah lagi jika satu halaman penuh hurufnya miring semua. Wah, pembaca langsung kabur deh. 

Jadi, disarankan untuk kalian para penulis mempelajari PUEBI secara perlahan supaya tulisan kita menjadi lebih enak dibaca.

6. Bab cerita yang masih sedikit

Ada pembaca yang tak keberatan untuk menunggu sang penulis mempublikasikan bab selanjutnya karena merasa penasaran. Namun, ada pula pembaca yang langsung melewati cerita dengan bab yang masih di bawah 30 karena tak ingin digantung. Lebih lagi saat sang penulis memperbarui cerita sebulan sekali, tentu pembaca akan lupa dengan alur pada bab sebelumnya. Jadi, cerita yang memiliki jumlah bab sedikit sering dihindari oleh pembaca Wattpad.

Itulah enam hal yang membuat pembaca Wattpad malas melirik cerita kalian. Semoga bermanfaat. Jangan lelah untuk terus berkarya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak