facebook

Menelisik Alasan Manchester United yang Ngotot Rekrut Frenkie de Jong

Ahmad Zubairi
Menelisik Alasan Manchester United yang Ngotot Rekrut Frenkie de Jong
Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong (Twitter.com/@DeJongFrenkie21)

Kabar tentang minat Manchester United terhadap gelandang tengah Barcelona, Frenkie de Jong masih terus berlanjut. Erik Ten Hag masih tetap tidak mau menyerah begitu saja untuk mendatangkan gelandang bertahan timnas Belanda itu.

Awalnya, dari pemberitaan yang beredar cukup masif, Frenkie de Jong menolak pinangan Setan Merah itu. Alasannya, karena di musim depan ia tidak mau bermain di Liga Europa. Sebab, Manchester United akan mentas di situ di musim depan. Dan de Jong, tidak mau itu. Maunya, tetap di Barcelona dan berlaga di Liga Champions. Pun juga de Jong yang sudah terlanjur nyaman bermain di Blaugrana. 

Namun, akhir ini banyak tak sedikit juga berita yang menyatakan, bahwa de Jong sudah 90 persen hampir sepakat dengan Setan Merah. Apalagi, kondisi finansial Barcelona yang kini sedang amburadul. Maka, penjualan de Jong, memang keniscayaan untuk memperbaiki kondisi keuangan yang compang camping itu. 

Tapi, saya tak akan membahas keuangan itu. Atau de Jong akan berlabuh ke MU atau tidak, itu belakangan. Tapi, melainkan apa, sih yang menjadi daya pikat Manchester United untuk mendatangkan de Jong? Memang apa, sih yang spesial dari de Jong? Maka, inilah jawabannya. 

Setelah kegagalan Setan Merah merekrut Nunez, yang ditikung oleh Liverpool, kian menjadikan Erik Ten Hag meminta manajemennya untuk mendatangkan de Jong untuk menambal lini tengah. Sebab, opsi lini tengah mereka, Fred, Bruno Fernandes kurang menyengat. Dan itu-itu saja.

Ditambah lagi hengkangnya Matic, Juan Mata dan Pogba, lini tengah mereka kian kendor. Itulah kenapa de Jong sangat diminati, untuk mengganti peran mereka. 

Praktis hanya ada Scott McTominay dan Fred yang bisa dijadikan gelandang bertahan. Dan Erik Ten Hag, paham betul dan sadar bahwa dua sosok itu, kurang elegan dalam menjegal serangan lawan. Maka dari itu, de Jong kenapa begitu sangat diburu. 

De Jong tidak rajin membantu lini belakang. Namun, selain piawai menyodorkan bola tajam ke depan, akurasi umpannya memang bagus. Maka, tak heran bila dulu Barcelona tertarik mendatangkannya ke Camp Nou. Dan, Manchester United, juga demikian.

Maka, tak heran pula bila Manchester United ingin mengambil jasanya. Dan kebetulan, apa yang de Jong miliki itu, tidak dimiliki dari sosok Scott McTominay dan Fred. 

Itulah alasan mendasar kenapa de Jong diminati Manchester United. Akankah de Jong akan bermain di MU atau tetap bertahan di Barcelona? Kita tunggu saja. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak