facebook

5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Nanda Putri
5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan
Ilustrasi mendengarkan musik (Pexels/jonas mohamadi)

Mendengarkan musik adalah hal umum yang dilakukan oleh kebanyakan orang, bahkan sebagian orang menjadikan musik sebagai bagian dari hidup mereka. Beberapa orang merasa cocok untuk mendengarkan musik di segala aktivitas yang mereka lakukan, seperti mengemudi, berjalan, belajar, atau bahkan menjadikan musik sebagai pengantar tidur. Tapi apakah kamu menyadarinya, bahwa sebenarnya musik dapat berkontribusi pada kesehatan, dan kebugaran tubuh secara keseluruhan? Musik memiliki beragam manfaat bagi tubuh, pikiran, serta kesehatan mental. Berikut manfaat dari mendengarkan musik, yang perlu kamu ketahui!

1. Meredakan stres

Semua orang pasti pernah mengalami keadaan stres, dan stres sering dianggap sebagai keadaan yang sepele. Meskipun terlihat sepele, stres dapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh. Mendengarkan musik dan menikmatinya, dapat menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol yang dapat melawan stres kronis. Orang yang suka membuat musik dan memainkan berbagai instrumen serta bernyanyi akan mengalami peningkatan sistem kekebalan tubuh yang kuat, daripada orang yang hanya mendengarkan saja secara pasif.

2.  Dapat meningkatkan kecerdasan secara verbal

Mengajarkan anak-anak dengan sebuah lagu, dapat meningkatkan kecerdasan verbal yang signifikan. Hal ini dikarenakan musik memiliki efek transfer, yang dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memahami kata-kata dan menjelaskan artinya. Selain itu, mengingat sesuatu dengan metode mengubahnya dalam bentuk lagu atau musik akan lebih melekat pada otak dan lebih mudah untuk diingat.

3. Meningkatkan kreativitas

Kreatif adalah salah satu soft skill penting yang harus dimiliki saat ini. Mendengarkan musik yang menyenangkan atau menenangkan seperti musik klasik dapat meningkatkan ketenangan dan semangat, sehingga otak dapat lebih fokus lagi untuk menemukan ide-ide baru. Dengan begitu makan kreativitas akan meningkat dengan sendirinya, yang dapat memungkinkan kita untuk menciptakan sesuatu lebih baik lagi maupun dalam memecahkan sebuah masalah.

4.  Sebagai pengobatan bagi penderita Alzheimer dan demensia

Orang dewasa lanjut usia yang menderita Alzheimer atau demensia akan mendapatkan terapi musik sebagai pengobatan. Terapi musik akan membantu memulihkan ingatan yang hilang dengan meningkatkan kognisi bagi penderita demensia. Sedangkan kegunaan musik bagi penderita Alzheimer, adalah untuk meringankan gejala gelisah, cemas, dan halusinasi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Jika kamu menderita insomnia, kamu dapat mencoba mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik sebagai pengantar tidur. Musik memiliki efek menenangkan bagi pendengarnya, sehingga mereka yang menggunakan musik sebagai pengantar tidur akan mendapatkan tidur yang nyenyak. Jenis musik yang dapat membuat kamu rileks, tergantung dengan selera musik yang kamu sukai.  

Itulah tadi manfaat dari mendengarkan musik. Mendengarkan musik bukanlah hal yang sia-sia untuk dilakukan dan membuang-buang waktu, jika dilakukan bersamaan dengan aktivitas yang bermanfaat lainnya.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak