facebook

AFF U-19 Indonesia vs Vietnam: Merebut Kemenangan Perdana

Ahmad Zubairi
AFF U-19 Indonesia vs Vietnam: Merebut Kemenangan Perdana
Selebrasi Ronaldo Kwateh dan Marselino (instagram.com/@ronaldokwateh7)

Timnas Indonesia U-19 akan memulai aksinya pada helatan AFF U-19 2022 dengan lawan yang cukup sepadan. Adalah Vietnam yang bakal menjadi lawan pertama Garuda Muda. Polesan Shin Tae-yong ini akan berduel dengan Vietnam pada Sabtu 2 Juli 2022, jam 20:30 WIB. Adapun laga yang cukup sengit ini, akan dilaksanakan di Bekasi, tepatnya di Patriot Candrabhaga Stadium. 

Laga ini, adalah laga yang cukup krusial bagi kedua kesebelasan. Pasalnya, Vietnam di ajang AFF U-19 2018 silam, ditumbangkan oleh Indonesia. Gol semata wayang yang dicetak oleh Muhammad Rafli Mursalim, membawa Indonesia ke jalur kemenangan. Kemenangan itu, sekaligus menjadi kemenangan perdana U-19 Indonesia setelah 2013 silam. 

Tercatat, per lima pertemuan Indonesia kontra Vietnam sejak 2011, Indonesia cuma sanggup mendulang kemenangan. Namun, meski demikian, sangat berarti. Pada tahun 2011, Indonesia benar-benar dibuat malu. Tak tanggung-tanggung, Vietnam menghancurkan Indonesia dengan gol setengah lusin, 6:1 di negaranya sendiri. Hasil yang cukup menyakitkan tentunya. 

Tampaknya, Indonesia dengan Vietnam memang selalu ditakdirkan untuk bertemu. Dua tahun berselang, pada 2013 di ajang yang sama, Indonesia kembali harus berjibaku dengan Vietnam. Indonesia yang membawa misi menang atas naungan dendam, tak terwujudkan. Evan Dimas dan kolega kala itu, meski menjadi tuan rumah dan bermain di Gresik dipaksa comeback oleh Vietnam, 2:1. Apes kali Indonesia. 

Namun, misi dendam tadi akhirnya terwujudkan. Di laga final pada 2013 itu, Indonesia yang berada di bawah asuhan Indra Sjafri, sukses membawa kemenangan atas Vietnam. Maldini Pali dan kolega sempat bermain 0:0, namun di babak adu penalti, Ilham Udin Armaiyn selaku penendang penentuan, sukses mengeksekusi bola dengan ganteng maksimal. 

Final yang diselenggarakan di Stadion Delta Sidoarjo itu, benar-benar bergemuruh. Publik tanah air menangis haru, tak terkecuali penggawa Garuda Muda. Sementara Vietnam, menangis tersendat-sendat. 

Sayang, pada edisi 2017, Indonesia kembali kalah, 3:0. Kekalahan telak itu, akhirnya terbalaskan pada setahun kemudian. Di AFF U-19 pada 2018, Indonesia mampu membungkam anak-anak The Golden Star. 

Dan nanti, kedua tim ini akan kembali berpapasan di laga pembuka bagi keduanya, di AFF U-19 2022. Siapakah yang akan merebut kemenangan perdananya? Sanggupkah Kadek Arel, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh membuat Vietnam tak berdaya? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak