facebook

Melawan Thailand, Ujian Sesungguhnya Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022

Prasiyanto Priadi
Melawan Thailand, Ujian Sesungguhnya Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022
Timnas U-19 (Instagram/@pssi)

Timnas U-19  asuhan coach Shin Tae Yong pada pertandingan kedua AFF U-19 yang diselenggarakan di Bekasi dan Jakarta mampu mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor yang cukup telak 7-0. Selain itu pada pertandingan pembuka melawan Vietnam, Garuda Nusantara hanya mampu bermain imbang dengan skor 0-0. Ada beberapa evaluasi dari tim pelatih untuk para punggawa Garuda Nusantara, baik dari segi finishing, passing, dan lain sebagainya.

Melawan Brunei Darussalam bukan menjadi acuan bagaimana permainan Garuda Nusantara, karena bisa dikatakan level Brunei Darussalam berada di bawah Garuda Nusantara. Ujian sesungguhnya adalah ketika melawan Vietnam pada laga pembuka dan melawan Thailand pada laga selanjutnya. Melawan Thailand mungkin bisa menjadi acuan bagaimana permainan Garuda Nusantara yang lawannya bisa dikatakan sedikit di atasnya. Bagaimana para pemain menahan serangan lawan, bagaimana bermain dengan tempo cepat, mengembangkan permainan, mengontrol lini tengah, dan lain sebagainya. Kalau itu bisa dilakukan dengan baik maka bukan tidak mungkin kita akan memenangkan pertandingan.

Belajar dari laga pertama melawan Vietnam, permainan Garuda Nusantara cukup baik, tetapi perlu ditekankan para pemain harus lebih berani bermain dari kaki ke kaki, lebih berani pegang bola, karena ada beberapa momen langsung umpan ke depan yang kurang efektif untuk permainan tim. Selain itu finishing yang perlu diperbaiki, bagaimana memanfaatkan peluang sekecil apapun di depan gawang untuk menjadi gol. Jika itu bisa dilakukan tentu akan sangat membantu tim untuk meraih kemenangan.

Dengan pertandingan dihadapan publik sendiri sedikit menguntungkan bagi Garuda Nusantara, dihadiri penonton yang sangat banyak, membuat motivasi mereka menjadi berlipat ganda, selain itu dengan hadirnya para penonton bisa menjadi tekanan buat tim lawan, seperti yang terjadi pada tim Vietnam, bagaimana mereka sangat tertekan dengan atmosfir penonton yang hadir.

Sesungguhnya tim ini adalah tim yang disiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan yang akan diselenggarakan di Indonesia. Dengan berbagai persiapan dan berbagai turnamen yang diikuti mulai dari Toulon Tournament hingga AFF U-19 diharapkan Indonesia mampu berbicara banyak di ajang Piala Dunia mendatang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak