facebook

5 Kegiatan yang Bisa Membuatmu Semakin Mahir Menulis, Coba Yuk!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Kegiatan yang Bisa Membuatmu Semakin Mahir Menulis, Coba Yuk!
Ilustrasi menulis (Pixabay/StarupStockPhotos)

Kemahiran menulis bisa diasah dengan berbagai macam hal, setiap orang punya caranya sendiri-sendiri dalam memperkuat kemampuan skill menulisnya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tentu saja seorang penulis ingin karyanya dibaca dan dikenal oleh orang banyak, untuk itu, tulisannya perlu memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, latihan juga perlu dilakukan untuk menemukan ciri khas dari dirinya sendiri. Berikut ini adalah 5 kegiatan yang bisa membuatmu semakin mahir menulis, bisa dicoba.

1. Rutin Membaca

Seorang penulis tidak pernah lepas dari kegiatan membaca, semakin banyak dia membaca maka semakin lancar pula kemampuan menulisnya.

Hal ini dikarenakan semakin banyak perbendaharaan kata yang dia tahu dan cara mengolah kalimat yang baik. Jadi, kalau kamu mau semakin lancar menulis, perbanyaklah membaca.

2. Berkarya sambil Berlatih

Practice make perfect, seperti kata pepatah tersebut bahwa berlatih sambil terus berkarya adalah salah satu kegiatan yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Meskipun kamu belum percaya diri dengan tulisanmu, itu tidak menjadi masalah, tetaplah menulis, maka lama kelamaan tulisanmu akan semakin membaik.

3. Mengikuti Pelatihan

Saat ini ada banyak kelas menulis yang bisa kamu ikuti, mulai dari yang gratis hingga berbayar, baik tulisan yang bersifat ilmiah maupun fiksi. Pilihlah mana yang menjadi fokus utamamu dan jangan pernah memandang siapa yang menjadi pembicaranya, karena ilmu bisa kita dapat dari mana dan siapa saja.

4. Travelling

Siapa bilang kalau mau pandai menulis hanya bisa dengan latihan menulis saja? Sesekali kamu bisa liburan untuk melihat hal-hal yang ada diluar sana, siapa tahu kegiatan ini bisa memunculkan ide yang menarik untuk dituangkan dalam tulisanmu. Seru bukan?

5. Brainstorming

Brainstorming adalah kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua konten kreator, tujuannya untuk menemukan ide sekaligus mood yang baik untuk menghasilkan karya yang maksimal.

Biasanya seorang kreator akan merenung cukup lama untuk menemukan gagasan dan menata moodnya. Nah, daripada kamu merenung tidak jelas, lebih baik merenung sambil mencari ide untuk dijadikan sebuah karya.

Itulah 5 kegiatan yang bisa membuatmu semakin mahir menulis, sekali lagi setiap orang memiliki caranya masing-masing. Tapi mencoba salah satu tips diatas juga tidak ada salahnya, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak