Profil Singkat Negara Peserta Babak 8 Besar Piala Dunia 2022, Beserta Pencapaian Terbaiknya

M. Fuad S. T.
Profil Singkat Negara Peserta Babak 8 Besar Piala Dunia 2022, Beserta Pencapaian Terbaiknya
Maroko merayakan kemenangan mereka dalam babak adu penalti saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia Qatar antara Maroko dan Spanyol di Education City Stadium di Al-Rayyan, barat Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022).[JAVIER SORIANO / AFP]

Perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 telah memasuki babak perempat-final. Delapan negara yang sukses memenangi laga atas lawan-lawannya di babak 16 besar, berhak untuk menjadi kontestan di babak ini. Disadur dari laman fifa.com, induk sepak bola dunia tersebut telah mengkonfirmasi kedelapan negara peserta babak perempat-final, yakni Belanda, Argentina, Brazil, Kroasia, Inggris, Prancis, Portugal dan Maroko.

Nah, sembari menunggu pertarungan kedelapan negara yang akan saling berjibaku memperebutkan empat tiket ke babak semi-final, kita ulas sedikit yuk profil negara-negara peserta babak 8 besar! Sekadar informasi, ini adalah profil negara-negara tersebut terkait keikutsertaan mereka di Piala Dunia ya!

1. Belanda.

Induk sepak bola dunia, FIFA mencatat bahwa Belanda telah berpartisipasi sebanyak 11 edisi dalam perhelatan Piala Dunia. Keikutsertaan Belanda di ajang ini pertama kali terjadi pada tahun 1934, yang kala itu dilangsungkan di Italia. Pencapaian terbaik negara yang dijuluki sebagai Juara Tanpa Mahkota ini adalah sebagai runner-up, yang mereka catatkan pada Piala Dunia Edisi 1974, 1978, dan 2010.

2. Argentina.

Tim Tango Argentina merupakan salah satu kiblat sepak bola dunia yang berada di kawasan Amerika Latin. Hingga tahun 2022 ini, Argentina tercatat telah bermain dalam 18 gelaran Piala Dunia. Prestasi terbaik Argentina di ajang ini adalah sebagai kampiun yang mereka catatkan pada tahun 1978 di Piala Dunia Argentina, dan Piala Dunia 1986 di Meksiko.

BACA JUGA: Lesti Kejora Diejek 'Kayak Pembantu Pulkam' Pas Naik Helikopter Bareng Rudy Salim, Fans Pasang Badan

3. Brazil.

Sampai saat ini, Brazil merupakan negara dengan catatan prestasi paling mentereng di ajang Piala Dunia. Selain tak pernah absen di ajang Piala Dunia semenjak pertama kali digelar pada tahun 1930, Brazil juga menjadi satu-satunya negara yang mampu menjuarai turnamen ini sebanyak lima kali, yakni pada edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

4. Kroasia.

Semenjak perpecahan Yugoslavia Kroasia bisa dikatakan sebagai negara asal balkan yang paling sukses di ajang Piala Dunia. Semenjak debut di Prancis tahun 1998, Kroasia hanya sekali tak lolos ke putaran final di edisi 2010. Tak hanya itu, setelah menggapai posisi ketiga di turnamen debutnya, Kroasia tercatat sukses menjadi runner-up gelaran pada edisi 2018 lalu di Rusia.

5. Inggris.

The Three Lions tercatat telah mengikuti Piala Dunia sebanyak 16 kali sepanjang sejarah gelaran. Tim spesialis turnamen ini pernah mengenyam manisnya gelar juara di tahun 1966 ketika Piala Dunia dimainkan di negara mereka sendiri. Selebihnya? Selalu kegagalan yang melingkupi keikutsertaan mereka.

6. Prancis.

Negara yang memiliki Tim Nasional berjuluk Les Bleus ini merupakan salah satu negara Eropa yang menjadi langganan di gelaran Piala Dunia lho. Catatan FIFA menunjukkan bahwa Prancis sudah ikut serta dalam gelaran Piala Dunia pertama tahun 1930 yang diselenggarakan di Uruguay. Prestasi terbaik Tim Ayam Jantan adalah menjadi juara pada tahun 1998 di rumah sendiri, dan pada tahun 2018 di Rusia.

BACA JUGA: Ratu Rizky Nabila Cerai Usai 2 Hari Menikah, Sebut Nama Khabib Nurmagomedov

7. Portugal.

Semula, Portugal merupakan negara dengan kekuatan sepak bola kasta kedua di daratan Eropa. Namun, semuanya mulai berubah semenjak awal milenium 2000an dimulai. Portugal yang semula sering absen di putaran final Piala Dunia, kini menjadi salah satu negara yang langganan lolos ke turnamen. Sejak kesuksesan mereka lolos ke Korea Selatan-Jepang tahun 2002, Portugal tak sekalipun absen hingga saat ini. Prestasi terbaik negara asal striker legendaris Cristiano Ronaldo ini adalah sebagai peringkat ketiga turnamen, yang mereka catatkan pada Piala Dunia edisi 1966 di Inggris. 

8. Maroko.

Tim terakhir yang lolos ke babak perempat-final adalah Maroko. Menjadi satu-satunya negara non Eropa-Amerika Latin di babak 8 besar, membuat harapan persepakbolaan dunia ketiga bertumpu pada negara yang berada di bagian utara benua Afrika ini. Piala Dunia Qatar 2022 merupakan penampilan keenam bagi Maroko, dan sejauh ini pencapaian terbaik mereka adalah menapak babak 16 besar, sebelum pada akhirnya diperbarui pada edisi kali ini. Iya, Maroko untuk kali pertama mampu menembus babak 8 besar Piala Dunia di Qatar 2022 ini.

Itulah 8 profil singkat negara-negara peserta babak 8 besar beserta pencapaiannya. Menurut teman-teman, negara mana yang akan melaju ke empat besar?

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak