Tampil Ciamik, Ini 5 Pemain Kandidat Peraih Gelar Pemain Muda Terbaik

Rizal Khoirul Huda
Tampil Ciamik, Ini 5 Pemain Kandidat Peraih Gelar Pemain Muda Terbaik
Penyerang Portugal Goncalo Ramos merayakan golnya saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Portugal dan Swiss di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022). [Fabrice COFFRINI / AFP]

Selain memperoleh kebanggaan saat membela negaranya di ajang Piala Dunia, ajang sepak bola paling bergensi ini juga menjadi kesempatan bagi para pemain untuk meraih berbagai gelar individu. Bagi para pemain muda, mereka tengah bersaing untuk mendapatkan gelar FIFA Best Young Player atau pemain muda terbaik.

Penghargaan pemain muda terbaik diberikan bagi para pesepak bola berusia maksimal 21 tahun yang menunjukkan performa impresif saat membela negaranya di Piala Dunia. Berikut ini adalah 5 nama yang berpeluang besar menggondol gelar pemain muda terbaik Piala Dunia Qatar 2022:

1. Goncalo Ramos (Portugal)

Pemain muda yang berposisi sebagai striker di timnas Portugal ini tengah menjadi buah bibir berkat penampilan sensasionalnya ketika Portugal membantai Swiss 6-1 untuk lolos ke perempat final.

Di laga itu, Goncalo Ramos mendapatkan kesempatan bermain sejak menit awal untuk menggantikan Ronaldo yang tidak dipilih pelatih Fernando Santos untuk masuk ke starting line-up.

Pemuda yang kini juga membela Benfica di liga Portugal tidak menyia-nyiakan kepercayaan pelatih dengan mencetak hattrick alias tiga gol ke gawang Swiss yang dijaga Yan Sommer.

Jika Ramos bisa konsisten dan membawa Portugal melangkah jauh di babak gugur maka dirinya berpeluang besar meraih gelar pemain muda terbaik Piala Dunia.

BACA JUGA: Patut Indonesia Contoh, Ini 3 Rahasia Kemajuan Sepak Bola Maroko

2. Bukayo Saka (Inggris)

Bukayo Saka pertama kali menyedot perhatian kala dirinya gagal mengeksekusi penalti sehingga Inggris kalah melawan Italia di final Piala Eropa 2020.

Namun, Saka berhasil bangkit dengan cepat bersama klubnya Arsenal. Saka menjadi pilar penting bagi tim London tersebut hingga saat ini menghuni posisi pertama klasemen Liga Inggris.

Pemuda berusia 21 tahun tersebut meneruskan performa ciamiknya bareng klub saat membela Inggris di Piala Dunia. Hingga babak 16 besar, Saka berhasil mencetak 3 gol. 2 gol saat melibas Iran di fase grup dan 1 gol lainnya kala mengandaskan perlawanan Senegal di perdelapan final.

3. Jude Bellingham (Inggris)

Jude Bellingham memang tampil impresif baik bersama klub maupun timnas Inggris. Di klubnya Borussia Dortmud, pemain berusia 19 tahun tersebut telah mengemas 4 gol dari 5 laga bersama Dortmund di Liga Champions. Pemuda yang berposisi sebagai gelandang tersebut berhasil meneruskan performa apik saat membela Inggris.

Bellingham mencetak gol saat Inggris menang melawan Iran dan menjadi pencetak gol termuda kedua Inggris Piala Dunia. Tidak berhenti sampai situ, di babak 16 besar, Bellingham menjadi pemuda yang berumur di bawah 20 tahun pertama yang mencetak assist di ajang sepak bola paling bergensi tersebut.

4. Enzo Fernandez (Argentina)

Pemain muda yang saat ini membela klub Benfica di liga Portugal juga berpeluang besar menggondol gelar pemain muda terbaik.

Pemain berusia 21 tahun yang berposisi sebagai gelandang tengah ini telah menunjukkan kualitasnya kala mencetak gol untuk memastikan kemenangan Argentina atas Meksiko di fase grup.

Sebagai gelandang tengah, Fernandez telah mempertontonkan kebolehannya dalam mengawal lini tengah sehingga lawan Argentina tidak leluasa melancarkan serangan, terbukti selepas kekalahan dari Arab Saudi, Argentina hanya kebobolan satu gol melawan Australia.

BACA JUGA: 3 Peraih Ballon d'Or yang Berhasil Lolos ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2022

5. Josko Gvardiol (Kroasia)

Pemain muda yang merupakan bek timnas Kroasia tersebut juga memiliki peluang untuk meraih gelar pemain muda terbaik Piala Dunia 2022.

Josko Gvardiol yang kini berusia 20 tahun telah menunjukkan performa impresif pada musim ini ketika membela RB Leipzig dan membawa klubnya bertengger di peringkat ketiga Bundesliga.

Bersama timnas Kroasia, Gvardiol memegang peranan penting bagi kelolosan tim berjuluk Vatreni ke babak 8 besar Piala Dunia. Gvardiol berperan dalam lini pertahanan Kroasia yang hingga pertandingan keempat baru kemasukan 2 gol.

Nah itu tadi beberapa pemain yang berpotensi meraih gelar FIFA Best Young Player atau pemain muda terbaik pada Piala Dunia Qatar 2022.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak