alexametrics

Hallyu yang Bikin Halu

yashinta
Hallyu yang Bikin Halu
Ilustrasi bendera Korea Selatan.[Unsplash/Stephanie Nakagawa]

Siapa yang tidak mengenal serba serbi mengenai Korea di zaman sekarang? Dari kalangan tua, muda, hingga anak kecil pun pasti mengenal setidaknya sedikit hal-hal berbau Korea. Entah itu dari lagu-lagu K-pop, makanan, cerita dalam drama Korea, produk kecantikan, gaya berbusana, bahkan teknologi. Mungkin salah satu dari kita para pembaca setidaknya memiliki satu hal yang disukai mengenai Korea. Kira-kira apakah kita punya kesamaan hal yang sama mengenai Korea?

Korean wave atau disebut juga Hallyu (dalam bahasa Tiongkok) sudah mendunia. Istilah Hallyu ini pertama kali dicetuskan oleh masyarakat Tiongkok karena hal-hal berbau Korea sudah tersebar ke negara-negara lain. Hallyu sukses membuat masyarakat yang terbius menjadi ingin mempelajari semua hal tentang Korea. Hal ini berlaku juga dengan aku.

Aku mengenal Korea pertama kalinya saat ibuku menonton drama Korea yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Secara tidak langsung, aku pun jadi ikut menyukainya karena hampir setiap hari drama korea tersebut tayang di stasiun televisi swasta tersebut.

Cerita yang dibawakan sangat ringan dan mengena dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi kita memiliki rumpun yang sama di Asia. Inilah yang membuat kita kadang terhanyut oleh cerita yang dibawakan aktor maupun aktris. Kemampuan berakting mereka juga mumpuni dalam membawakan peran yang dimainkan.

Ditambah lagi totalitas semua tim drama yang membuat sempurna hingga drama ini layak ditonton oleh masyarakat. Episode drama yang tidak pernah berlarut-larut panjang juga membuat penonton makin penasaran dan cenderung tidak membuat bosan. Sebuah drama tidak lengkap rasanya jika tidak ada soundtrack yang dibuat khusus. Dari satu paket inilah awal aku makin tergila-gila akan keunikan Korea.

Hal kedua yang membuat aku dan semua orang makin terpikat akan Korea adalah jenis musik Korean-pop atau singkatannya K-pop. Musik yang diusung sangat enak didengar dan membuat kita tidak tahan untuk menari saat mendengarnya. Ditambah lagi kemampuan artis musik K-pop yang sangat piawai menari. Kualitas vokal mereka juga patut mendapat acungan jempol. Lalu, siapa idola artis musik K-pop kamu?

Jika kedua hal diatas tadi mungkin kita berbeda pendapat, semoga makanan Korea boleh jadi pemersatu pendapat kita ya, kawan?! Karena konon katanya, pemersatu perbedaan adalah soal kesamaan rasa makanan. Makanan khas Korea saat ini sudah sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Banyak restoran atau tempat makan yang sudah mulai menjual produk-produk khas Korea yang citarasanya sudah cocok di lidah kita orang Indonesia. Makanan juga menjadi hal yang sangat aku suka dari Korea. Rasanya pas dengan lidah orang Asia seperti Indonesia. Pertama kalinya aku tertarik makanan khas Korea saat aku menonton drama Korea.

Di dalam drama Korea selalu tampil satu atau lebih makanan khas Korea yang dinikmati oleh aktor maupun aktris. Inilah yang secara tidak langsung menjadi ajang promosi wisata kuliner Korea.

Gaya berbusana masyarakat Korea kerap kali menjadi kiblat di beberapa negara di dunia. Gaya yang sederhana namun tetap manis dan elegan dilihat.

Riasan wajahnya pun sangat tipis dan ringan serta natural. Apalagi soal wajah-wajah masyarakat Korea yang biasanya kita sebut wajah glowing membuat sebagian orang iri melihatnya. Tren penggunaan skin care membuat gelombang Korea di seluruh dunia semakin kuat. Aku juga termasuk salah satu pengguna skin care dari Korea dan berharap mukaku bisa glowing. Mungkin lebih tepatnya glowing in the dark. Hehe.

Hal terakhir yang menurutku menjadi pelengkap ke-halu-anku terhadap Korea adalah teknologi ponsel pintar yang dibuat oleh perusahaan besar di Korea. Ponsel pintar ini sama halnya dengan merek ponsel pintar lainnya, tetapi fitur-fitur yang selalu diperbaharui mengikuti kebutuhan zaman seringkali menjadi contoh merek ponsel pintar lainnya. Penggunaan ponsel pintar ini juga sangat mudah dioperasikan di semua kalangan. Hingga saat ini merek ponsel pintar buatan negara gingseng ini menjadi salah satu favoritku.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak