alexametrics

Selain Aum Shinrikyo, Inilah Sekte Agama yang Berbahaya Di Dunia

Nurita
Selain Aum Shinrikyo, Inilah Sekte Agama yang Berbahaya Di Dunia
Ilustrasi krisis kepercayaan

Sectarius atau sectilis juga merujuk kepada pemotongan, tetapi makna ini, berlawanan dengan pandangan umum, tidak terkait dengan etimologi kata ini. Sectator adalah pemimpin atau penganut yang setia.

Salah seorang yang pertama mendefinisikannya adalah Max Weber dan Ernst Troeltsch (1931). Dalam tipologi gereja-sekte mereka digambarkan sebagai kelompok-kelompok keagamaan yang baru terbentuk untuk memprotes unsur-unsur dari agama asalnya (biasanya suatu denominasi).

Motivasinya cenderung terletak dalam tuduhan kemurtadan atau ajaran sesat dalam denominasi asalnya. Mereka sering kali memprotes kecenderungan-kecenderungan liberal dalam perkembangan denominasi dan menganjurkan umat untuk kembali ke agama yang sejati.

Apalagi sekte agama, bisa jadi nyawa sebagai taruhannya. Berikut sekte paling berbahaya di dunia selain sekte Aum Shinrikyo:

1. Aum Shinrikyo

Ilustrasi Sekte Aum Shinrikyo (Sumber: HiTekno.com)
Ilustrasi Sekte Aum Shinrikyo (Sumber: HiTekno.com)

Salah satu ajaran sesat dari sekte berbahaya di Jepang ini mengajarkan ramalam mengenai hari kiamat, meramalkan akan adanya perang dunia ketiga, serta menyebarkan paham kehancuran di bumi. 

Penganut sekte ini melakukan serangkaian kejahatan berskala internasional dan menyebabkan banyak korban berjatuhan. 

Serangan gas sarin di kereta bawah tanah Tokyo yang mereka lakukan tidak lain sebagai salah satu cara untuk memengaruhi banyak orang. 

Namun, akibat ulahnya tersebut pemerintah Kanada, Uni Eropa, dan Amerika serikat menyatakan bahwa sekte ini adalah organisasi teroris. 

2. Childern Of God 

Ilustrasi Sekte The Childern of God
Ilustrasi Sekte Childern Of God (Sumber: Jurnal Toddopuli)

Children of God (COG) yang belakangan dikenal sebagai Family of Loves (Keluarga Kasih), Keluarga, dan kini Keluarga Internasional adalah sebuah gerakan agama baru yang dimulai pada 1968 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat.

Ini adalah bagian dari Jesus Movement (Gerakan Yesus) pada akhir tahun 1960-an. Sebagian besar anggotanya berasal dari gerakan hippie.

Gerakan ini adalah salah satu dari banyak gerakan lainnya yang membangkitkan kontroversi sekte pada tahun 1970-an dan 1980-an di Amerika Serikat dan Eropa dan memicu kelompok anti-sekte terorganisasi pertama (FREECOG).

Bagaimana tidak, sekte ini dianggap sekte paling keji di Amerika Serikat, karena ajaran agamanya melakukan hubungan seks sesama anggota terutama anak kecil. 

Dan mempercayai bahwa hal yang mereka lakukan itu benar dan akan mendapat pahal yang besar. Sekte ini tidak segan untuk meculik anak, dan membunuhnya. 

3. Heaven's Gate 

Ilustrasi Sekte Heaven's Gate

Heaven's Gate adalah sebuah kelompok agama UFO Amerika yang berbasis di San Diego, California. Kelompok ini didirikan pada awal 1970an dan dipimpin oleh Marshall Applewhite (1931–1997) dan Bonnie Nettles (1927–1985).

Salah satu ajaran agama sesat yang membahayakan karena ajarannya, manusia bisa masuk surga jika mati sebelum hari kiamat. 

Kemudian terjadi, dari banyaknya anggota yang melakukan bunuh diri massal karena mereka percaya akan langsung masuk surga. Sesuai perintah dari pemimpin mereka yang sesat. 

4. The Ku Klux Klan 

Ilustrasi Sekte Ku Klux Klan (Sumber: 24 Heures)
Ilustrasi Sekte Ku Klux Klan (Sumber: 24 Heures)

Ku Klux Klan (KKK), dikenal juga sebagai 'The Klan' adalah sebuah kelompok teroris supremasi kulit putih ekstrem di Amerika Serikat (AS) yang berdiri pada tanggal 24 Desember 1865.

Kelompok ini berkeyakinan bahwa ras kulit putih adalah ras yang terbaik. Mereka mendirikan organisasi tersebut dengan maksud untuk berjuang memberantas kaum kulit hitam dan juga kaum minoritas lainnya di AS, seperti orang Yahudi, Imigran, Muslim, dan juga Katolik Roma.

Ciri khas dari sekte ini adalah seragam yang mereka gunakan adalah jubah putih dengan topeng yang menutup tubuhnya. Kejamnya sekte ini tidak segan membunuh orang dengan kepercayaan dan identitas berbeda seperti pemuka agama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak