Dari perkembangan game dari tahun 2020 hingga sekarang, saya menemukan bahwa bermain game di smartphone masing-masing itu mudah, dengan resolusi yang luar biasa, dan dapat dimainkan dengan orang-orang dari jauh. Namun tahukah Anda, bahwa kerumitan game yang kita mainkan saat ini memiliki sejarah yang panjang. Ini juga merupakan bentuk perkembangan teknologi yang sangat luar biasa.
Dari awal permainan yang hanya dapat dimainkan oleh dua orang di tempat yang sama, hingga resolusi yang sangat menyenangkan dan variasi permainan yang sangat banyak yang membutuhkan ilmuwan dan menghabiskan banyak uang, kita dapat langsung membahas sejarah perkembangan game ini.
- Awal Mula
Perkembangan game dimulai pada 1950-an di University of Manchester (Manchester Mark 1), University of Cambridge (EDSAC), University of Pennsylvania (EDVAC) dan Princeton University (mesin IAS). Di sinilah video game dimulai dan kemudian menjadi milik kita hiburan sehari-hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori: program pelatihan dan pengajaran, program penelitian, dan program demonstrasi untuk menghibur masyarakat.
Video game pertama yang menghibur publik mungkin adalah Tennis For Two, dirancang oleh William Higinbotham dan dibuat oleh Robert Dvorak di Perpustakaan Nasional Beethoven pada tahun 1958, untuk menyediakan hiburan publik pada agenda tahunan Brookhaven Open Day. Digunakan, tetapi Higinbotham tidak memiliki rencana untuk mengkomersialkannya karena alat yang diperlukan untuk memainkan game ini di masa lalu sangat langka dan mahal.
- Era Game Arcade (1972 - 1978)
Hingga tahun 1972, Nolan Bushnell dan Ted Dabney bergabung untuk menjalin kemitraan ATARI di bidang pengembangan game. Ciptaan pertama adalah game Pong, yaitu game tenis multipemain yang menyediakan pengontrol dan membutuhkan koin untuk memainkan game ini.
Tidak hanya itu, tahun ini banyak perusahaan game telah mengembangkan lebih banyak jenis game di planet ini, seperti Gran Trak 10 Atari (1974) dan Tank (1974), serta Wheels (1975), Gun Fight (1975), dan Hai Wolf (1976) berasal dari Pulau Midway.
- Era Keemasan (1978 – 1982)
Space Invaders adalah game arcade yang muncul di era ini. Ini adalah yang pertama membangun konsep skor dengan penghitung waktu. Jika pemain bisa melebihi skor minimum, dia bisa mendapatkan nyawa ekstra dan menyimpan data skor tertinggi dalam game. Ini tiba-tiba menjadi lompatan besar bagi industri game dunia.
Ada juga game legendaris yang kita kenal, Pacman, yang menjadi lini game terlaris saat itu, dengan penjualan sekitar 96.000 unit di Amerika Serikat. Sebuah pencapaian yang luar biasa, 550.000 unit terjual pada tahun 1982. Permainan di atas semua datang dengan perangkat keras, floppy disk, kaset dan kotak ROM.
- Era Kehancuran (1983)
Tahun ini adalah tahun penurunan produksi game yang sangat rendah, fenomena ini disebabkan banyaknya penjualan game berkualitas rendah yang menyebabkan kebangkrutan atau penutupan banyak perusahaan game di Amerika Serikat saat itu.
- Era Kebangkitan (1983 – 1995) (8 bit)
Setelah mengalami penurunan di Amerika Serikat, dengan dirilisnya komputer rumah Nintendo ("Famicom") dan SG-1000 Sega pada tanggal 15 Juli 1983, industri game Jepang akhirnya dimulai kembali pada awal tahun 1983. Versi ini terus ditingkatkan hingga dirilis Mark III Sega.
Di era ini, peran joystick, dayung, dan keypad sebagai pengontrol game bawaan digantikan oleh gamepad atau joypad. Pada tahun 1988, Nintendo merilis majalah perdananya, yang juga merupakan game Metal Gear Solid pertama di era ini yang muncul di komputer MSX 2. Pada tahun 1989, Capcom meluncurkan game survival horror generasi pertama Sweet Home di NES.
- Era Persaingan (1987 – 2004) (16 bit)
Dunia game terus berkembang dan kini berkembang ke dunia 16-bit. Sistem game pertama yang menggunakan sistem 16-bit ini adalah TurboGrafx-16. Ini juga pertama kalinya perangkat game (Playstation) yang menggunakan CD drive muncul di telinga kita.
Sonic the Hedgehog adalah game yang dirilis pada tahun 1991 yang dapat bersaing dengan seri Mario. Neo-Geo SNK adalah perangkat yang paling mahal, dirilis pada tahun 1990, dan dibandingkan dengan perangkat lain, ia memiliki efek 2D yang sangat baik.
- Era Kemajuan (1993 – Sekarang) (32 bit – 64 bit)
Pada tahun 1995, Nintendo's Virtual Boy muncul di era ini sebagai perangkat game 3D pertama, tetapi karena kurangnya dukungan lain, perangkat ini menarik diri dari pasar. Hingga akhirnya Nintendo merilis Nintendo 64, inilah penampakan lanjutan dari game 3D. Pada tahun 1996, Capcom merilis game Resident Evil yang menjadi game survival horror terlaris pertama di dunia, mencapai 2 juta kopi hari itu.
Pada tahun 1998, Sega Dreamcast menjadi perangkat game pertama yang dapat menggunakan sistem online. Pada tahun 2000, penerus Playstation, PS2, juga dapat menggunakan Ethernet, dengan grafis yang lebih banyak dari generasi sebelumnya, dan dapat memutar video dan musik, sehingga kita tidak lagi membutuhkan pemutar DVD untuk memutar DVD di rumah.
Ini juga pertama kalinya game di perangkat seluler kami berkembang pesat, hingga Nokia meluncurkan N-Gage pada tahun 2003 untuk memandu minatnya di pasar game seluler. Di antara game mobile yang muncul, game yang menjadi lompatan ke depan terbesar adalah Angry Birds yang dirilis pada tahun 2009 dan mencapai hingga 2 juta unduhan dalam waktu satu tahun setelah dirilis.
Nintendo dan Playstation telah merilis produk barunya yaitu Nintendo DS dan Playstation Portable yang merupakan perangkat game yang bisa kita bawa. Akhirnya Microsoft ikut serta dalam pengembangan game ini, dan membawa Xbox 360, diikuti Sony dengan kemunculan Playstation 3.
Di era ini, banyak perangkat game berkualitas tinggi yang akhirnya muncul, seperti PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Hingga saat ini, kita semua bisa memainkannya di rumah. Peralatan zaman ini sudah mendukung bermain game Barat.
- Game Mobile (Sekarang – Masa Depan)
Pasar game mobile adalah satu-satunya pasar yang terus berkembang. Pada saat yang sama, pasar game lainnya, seperti konsol game dan komputer pribadi (PC), diperkirakan akan menyusut, dengan konsol game memiliki tingkat depresiasi terbesar sebesar 4%.
Pengembang game besar seperti Square Enix dan Nintendo sudah mulai memasuki industri ini. Seri populer Square Enix "Final Fantasy" dapat ditemukan di Android atau iOS, dan game terkenal Nintendo "Super Mario Bros" juga tersedia di iPhone. Banyak pengembang game besar juga berbondong-bondong untuk berinvestasi dalam game seluler.
Pasar konsol game dan komputer pribadi sebenarnya sudah mulai bergeser ke portabilitas. Di sisi PC, kartu grafis 10-seri Nvidia dari 1060 hingga 1080 telah mengisyaratkan arah ini.
Jika melihat tren yang ada, industri game sepertinya sedang mencari hardware yang paling cocok di masa depan. Sama seperti layar smartphone yang terus melebar hingga menemukan titik nyaman di kisaran 5 hingga 5,5 inci, industri konsol dan PC mungkin mengalami hal yang sama. Ukurannya dapat dikurangi, dan portabilitas ditekankan terlebih dahulu.
Di sisi lain, dengan semakin canggihnya teknologi smartphone, industri mobile gaming juga akan semakin kuat, karena selama ini belum ada perangkat yang mampu menandingi smartphone multifungsi dengan penetrasi pasar yang begitu kuat. Pada analisis akhir, di masa depan, mendominasi industri game mobile akan menjadi kenyataan.
Jadi, kalian lahir di era game mana nih?