facebook

Sudah Siapkah Indonesia Beralih ke TV Digital? Ini Jawabannya!

Fatson Tahya
Sudah Siapkah Indonesia Beralih ke TV Digital? Ini Jawabannya!
Ilustrasi TV digital (freepik)

Pertanyaan pada judul ini bisa dijawab dengan jawaban sesuai penilaian masing-masing orang. Tahun 2022 ini Pemerintah semakin gencar memperkenalkan mengenai TV digital kepada masyarakat.

Apa itu TV digital?

TV digital adalah TV yang menggunakan siaran yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan lebih canggih teknologinya. Masyarakat juga bisa memanfaatkan TV analog untuk menyaksikan siaran TV digital, dengan menggunakan alat yang bernama Set Top Box atau sekarang yang biasa disingkat dengan STB, Set Top Box adalah alat yang digunakan untuk mengkonversi sinyalo digital menjadi gambar dan suara yang dapat di tampilkan di TV Analog biasa, pemerintah juga sudah menginformasikan terkait penggunaan Set Top Box ini kepada masyarakat, agar masyarakat tidak perlu mengganti TV mereka untuk menyaksikan siaran digital.

Stasiun-stasiun televisi nasional juga sudah mulai menawarkan program siaran TV digital mereka kepada masyarakat, contoh TVRI, TVRI sudah mulai menyiarkan program-program televisi mereka pada profram siaran TV digital, sebagai televisi milik pemerintah, TVRI bisa menjadi contoh dan bukti bahwa pemerintah memang serius akan hal ini, pemerintah serius dalam menyusun rencana untuk beralih ke TV digital, hal ini tentunya perlu diapresiasi.

Memperkenalkan TV digital

Pemerintah mengkampanyekan program TV digital ini atau memperkenalkan TV digital ini kepada masyarakat dengan beragam cara, ada melalui ikan di televisi, melalui internet khususnya melalui media sosial, serta media-media komunikasi yang lain. Namun, memang perlu dilakukan usaha lebih maksimal lagi untuk mengenalkan TV digital ini kepada masyarakat. Sebab memang tidak sedikit masyarakat yang belum mengetahui mengenai TV digital.

Bisa disimpulkan informasi peralihan dari TV analog ke TV digital ini memang belum menyentuh lapisan masyarakat paling bawah, tidak semua masyarakat mengakses internet. Padahal, info mengenai TV digital ini mempunyai porsi lebih besar di internet dan iklannya di televisi juga belum bisa merangkul semua kalangan. Oleh karena itu, perlu usaha lebih maksimal lagi, mungkin melalui sosialisasi yang lebih gencar mengenai TV digital ini di tengah-tengah masyarakat.

Diharapkan dengan upaya yang lebih maksimal dari pemerintah mengenai pengenalan TV digital kepada masyarakat, maka masyarakat akan lebih mengetahui tentang TV digital dan tentunya program pemerintah beralih dari TV analog ke TV digital dapat sukses.

Kerja sama semua pihak

Poin yang paling penting adalah kerja sama semua pihak, tidak hanya pemerintah, masyarakat pun juga diharapkan dapat menyukseskan program pemerintah ini. Dari daya dukung semua elemen, maka program pemerintah agar masyarakat Indonesia bisa memulai menggunakan TV digital akan bisa dengan cepat terlaksana.

Banyak keuntungan yang didapat dari TV digital, dari kualitas gambar yang lebih luas sampai mempunyai dampak yang lebih luas, seperti akan banyak pembukaan lapangan kerja baru di industri pertelevisian. Selain itu, TV digital juga dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif di masyarakat dan tentu saja TV digital ini gratis. Jadi, mari kita dukung migrasi TV digital Indonesia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak