facebook

UTBK di Depan Mata, Ini 6 Tips Jitu Lolos SBMPTN 2022

maylivia josephine
UTBK di Depan Mata, Ini 6 Tips Jitu Lolos SBMPTN 2022
Ilustrasi UTBK-SBMPTN.[LTMPT]

SBMPTN merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan oleh pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seleksi ini bisa diikuti oleh gapyear atau angkatan 2020, 2021 dan khususnya bagi angkatan 2022 yang saat ini duduk di kelas 12 SMA sedang gencarnya mempersiapkan masuk ke perguruan tinggi.

Bagi gapyear angkatan 2020 ini merupakan kesempatan terakhirnya mengikuti tes SBMPTN, karena persyaratan untuk mengikuti SBMPTN  adalah 3 kali. Oleh karena itu, untuk mempersiapkannya berikut tips jitu lolos SBMPTN yang perlu diperhatikan:

1. Tentukan jurusan sesuai minat dan perhatikan ketatnya persaingan

Pertama, tentukan jurusan sesuai dengan minat dan dalam menentukan harus yakin. Jika tidak yakin atau tidak sreg terhadap jurusan yang dipilih ke depannya akan sulit dan bisa membuat stop di tengah jalan. Setelah menentukan jurusan selanjutnya adalah memperhatikan keketatan jurusan pada kampus yang dituju.

Buka laman website LTMPT, pilih tahun sebelumnya yaitu 2021, cari kampus yang dipilih setelah itu lihat berapa mahasiswa yang daftar di jurusan tersebut dan berapa yang diterima. Hal ini penting karena untuk mengetahui ketatnya persaingan dan strategi yang dapat diambil untuk menentukan jurusan serta kampus.

2. Belajar mulai dari sekarang dan jangan menunda

Terhitung dari sekarang, UTBK 2022 akan dilaksanakan dalam 4 bulan lagi. Waktu berjalan dengan cepat dan tidak terasa nanti sudah waktunya UTBK, tetapi persiapan belum matang. Maka dari itu, belajarlah mulai dari sekarang dan jangan menundanya. Jika tidak mulai belajar dari sekarang akan muncul rasa menyesal di kemudian hari karena merasa persiapan untuk UTBK kurang maksimal.

3. Belajar dari berbagai sumber

Belajar tidak harus melalui bimbingan belajar atau bimbel. Belajar bisa dari berbagai sumber yang gratis seperti belajar melalui aplikasi Zenius. Aplikasi belajar ini membuka layanan gratis dan kalian tentunya bisa memanfaatkan untuk belajar UTBK pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, belajar melalui YouTube. Pada platform tersebut terdapat berbagai video pembelajaran soal-soal dan materi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Cukup bermodalkan kuota saja sudah bisa belajar UTBK.

4. Latihan soal sebanyak-banyaknya

Latihan soal (latsol) sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Setelah belajar materi, dilanjut dengan mengerjakan latihan soal. Tips ini ampuh karena dengan mengerjakan soal setelah belajar materi, dapat mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap suatu materi. Mengerjakan latihan soal bisa dengan membuat target setiap harinya. Jadi, kuncinya adalah konsisten dan belajar serta latsol dari berbagai sumber yang ada.

5. Mengikuti tryout

Selanjutnya mengikuti tryout. Tryout ini penting karena untuk mengetahui seberapa paham dengan materi UTBK yang selama ini sudah dipelajari. Setelah mengerjakan tryout, lihat hasil dan pembahasan soal, manakah materi yang masih kurang setelah itu push kembali untuk belajar materi tersebut.

6. Berdoa kepada Tuhan dan percaya jalur langit

Tips yang terakhir yaitu berdoa kepada Tuhan dan percaya jalur langit. Berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Usaha tanpa doa itu tidak ada artinya. Maka dari itu, berdoa kepada Tuhan dan serahkan semua kepada-Nya karena kalian sudah melakukan yang terbaik dan percaya bahwa jalur langit itu ada. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak