Maraknya Fenomena Ngemis Online di Aplikasi Tiktok yang Kian Menjamur

Zakiy Marenda
Maraknya Fenomena Ngemis Online di Aplikasi Tiktok yang Kian Menjamur
ilustrasi aplikasi tikto.[Unsplash/OlivierBergeron]

TikTok adalah salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan oleh anak-anak muda akhir-akhir ini, TikTok sendiri memiliki sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming di aplikasi TikTok, namun beberapa hari terakhir ini ada sebuah fenomena dimana live streaming pada aplikasi TikTok digunakan oleh banyak orang untuk mengemis dengan cara meminta sebuah donasi dengan memanfaatkan fitur gift di TikTok, yang mana gift tersebut  ini nantinya dapat ditukar menjadi uang asli.

Sebenarnya fitur live yang ada di aplikasi TikTok ini ditujukan untuk para kreator, seleb, dan juga influencer supaya dapat berinteraksi dengan para follower-nya serta sawer ini bertujuan supaya mendapatkan timbal balik bagi para penonton. Saweran ketika sedang live sebenarnya juga ada di Youtube dan mereka yang melakukan streaming ini kebanyakan adalah para Youtuber gaming. Fitur saweran semacam ini telah diprediksikan menjadi sebuah ajang mengemis.

Mungkin ketika kamu sedang membuka aplikasi TikTok tengah malam maka akan terdapat beberapa konten siaran langsung yang akanl membuat geleng-geleng kepala. Coba kamu bayangkan saja jam satu dini hari ada ibu-ibu yang sudah tua rela untuk mandi di luar ruangan hanya demi mendapatkan sebuah hadiah. 

BACA JUGA: Sarwendah Ungkap yang Sebenarnya Terjadi saat Bersama Betrand Peto: Iya, Dia Begini Tangannya

Tidak hanya itu saja, ada pula yang sampai nekat melakukan mandi lumpur. Nah, para “kreator” inilah yang nantinya akan memenuhi seluruh permintaan dari penonton seperti berendam di lumpur dengan rentr waktu yang lama hanya demi mendapatkan hadiah. 

Parahnya lagi nih, dalam video justru si kreator inilah yang memberikan sebuah pilihan pada para penonton. Misalnya seperti satu hadiah untuk satu gayung air dan juga 100 hadiah untuk satu ember air. Apabila dari penonton ada yang memberikan satu hadiah, maka sang kreator akan mandi sebanyak satu gayung, jika ada yang memberikan 100 hadiah maka akan mandi sebanyak satu ember dan begitu pun seterusnya. 

Ketika menggunakan smartphone pastinya kita memerlukan sebuah edukasi tentang smartphone itu sendiri, mulai dari apa fungsinya, bagaimana kegunaannya, hingga hal-hal yang bisa dilakukan dengan smartphone, dengan harapan jika orang yang telah teredukasi bisa mengetahui manfaat dan juga kegunaan smartphone dan dapat digunakan untuk belajar serta mencari skill yang dibutuhkan untuk bekerja, bukannya malah menganggur dan menggunakan smartphone untuk mengemis di aplikasi Tiktok Live.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak