facebook

Kota Batu di Malang Ternyata Pernah Disebut Swiss Kecil di Pulau Jawa

Wakuliner
Kota Batu di Malang Ternyata Pernah Disebut Swiss Kecil di Pulau Jawa
Kuliner di Malang (Dok : Istimewa)

Kota Batu, Malang, Jawa Timur, terkenal dengan udara sejuknya yang menyenangkan.

Kota ini sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kegiatan sehari-hari yang menyesakkan dada. Selain itu, di sana juga terdapat banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari air terjun, pegunungan hingga taman wisata yang sangat asyik.

Tahukah kalian tentang legenda Kota Batu dan sekitarnya? Lokasi ini merupakan tempat peristirahatan untuk keluarga raja.

Selain udaranya sejuk dan memiliki panorama alam yang menawan, daerah Batu dikelilingi oleh enam gunung, plus banyak sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan.

Daerah Batu telah bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang Belanda di awal abad ke-19. Pada masa itu, daerah ini terkenal dengan sebutan “De Klein Switzerland” atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Asal mula nama Batu sendiri, menurut kisah lokal, berasal dari seorang nama ulama pengikut Pangeran Diponegoro, yaitu Abu Ghonaim, atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin. Masyarakat setempat kemudian akrab memangilnya Mbah Wastu, atau Mbah Tu, yang kemudian menjadi sebutan Mbatu.

Daerah wisata Kota Batu Malang berada pada ketinggian 680 meter hingga 1200 meter dpl, maka tak heran jika suhu di sekitarnya bisa mencapai 15 hingga 19 derajat Celcius. 

Oh ya, ada salah satu kuliner legendaris Kota Batu yang hits banget di kalangan anak muda. Apalagi kalau bukan Pos Ketan Legenda.

Kawasan ini sudah buka sejak 1967. Di sini tempatnya bisa menuikmati ketan sangat enak, karena diimpor dari Thailand, yang direndam semalaman dan ditambahkan garam.

Keesokan harinya, ketan dikukus selama satu jam dan diolah. Ketan hangat ini ditaburi beraneka varian rasa, seperti durian, ayam pedas, meses, keju, nangka, pisang, susu, vla, gula merah, susu kedelai dan lain-lain.

Lokasi kuliner yang satu ini buka hingga pukul 02.00 WIB, sehingga tidak heran, banyak anak muda yang datang ke sana.

Selain Pos Ketan Legenda, ada banyak lagi kuliner legendaris Kota Batu yang bisa kalian coba. Ada banyak pilihan yang sudah dilengkapi keterangan dan petunjuk jalan di Wakuliner.

Kalian cek saja untuk menentukan pilihan kuliner legendaris. Selamat berlibur!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak