alexametrics

Untuk Selamatkan Lingkungan, Ayo Mulai Lakukan Sesuatu dari Sekarang!

Ayunurul
Untuk Selamatkan Lingkungan, Ayo Mulai Lakukan Sesuatu dari Sekarang!
Tumpukan sampah menumpuk di pinggir laut kawasan Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (29/7). [Suara.com/Oke Atmaja]

Recycle more, Waste less oleh Bank DBS Indonesia mengumpulkan lebih dari 100.000 dukungan.

Suara.com - Belum lama ini, warganet sempat dihebohkan dengan video penyu yang ditemukan tidak bernyawa di daerah Kulon Progo, Yogyakarta, karena terlalu banyak makan sampah plastik. Kondisi lingkungan di Indonesia saat ini, seharusnya cukup menyadarkan kita sebagai masyarakat Indonesia, untuk melakukan sebuah gerakan dalam rangka menyelamatkan lingkungan.

 Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia melaksanakan gerakan peduli lingkungan bernama "Recycle more, Waste less", yang bekerja sama dengan beberapa wirausaha sosial dan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF - Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop.

Gerakan ini pun dapat diikuti oleh masyarakat melalui tiga cara mudah, yaitu dengan memilih dan men-download template pledging yang ingin mereka pilih pada website go.dbs.com/id-rmwl.  Selain itu bisa juga meng-uploadtemplate ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada website dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman.

Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp 1.000,  yang nantinyaakan dimanfaatkan untuk kegiatan peduli lingkungan.

 “Melalui gerakan Recycle more, Waste less ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan kecil yang dimulai dari diri sendiri, sehingga dapat membawa perubahan besar untuk Indonesia. Sejalan dengan komitmen kami untuk menjadi lembaga perbankan yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kesadaran sosial akan isu lingkungan dan sosial di Indonesia, saat ini terdapat lebih dari 100.000 orang telah berpartisipasi dalam gerakan Recycle more, Waste less melalui online pledging. Selain itu, kami juga turut aktif berpartisipasi dalam ajang komunitas dan mengedukasi tentang gerakan ini,” ujar Mona Monika, Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia.

 “Selain mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli lingkungan melalui gerakan Recycle more, Waste less, Bank DBS Indonesia juga sudah menerapkan gerakan ini dalam internal Bank DBS Indonesia sendiri. Kami ingin menjadi perusahaan yang bertanggung jawab lebih terhadap lingkungan. Hal ini kami mulai dengan hal-hal sederhana seperti sudah tidak menyediakan air mineral kemasan plastik di kantor DBS, mengimbau karyawan untuk membawa botol minum sendiri dan mematikan lampu saat jam makan siang,” tambahnya.

 Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan Mall Kota Kasablanka, Krispy Kreme, Cinema XXI & Premiere XXI dan All Fresh melalui penggunaan digibank by DBS. Pembelian yang menggunakan digibank by DBS di rekanan retail tersebut akan mendapatkan penawaran khusus dan Zero Waste Kit.  

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang peduli lingkungan dan menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab dalam mengonsumsi dan menghindari penggunaan barang-barang sekali pakai. Melalui Gerakan Recycle more, Waste less ini diharapkan kami dapat membantu mewujudkan program pemerintah Indonesia Bersih Sampah 2025,” kata Mona lagi.

 Selain pledging, cara lain untuk berpartisipasi gerakan Recycle more, Waste less adalah melalui microsite Bank DBS Indonesia, go.dbs.com/id-rmwl dan klik “Dukung Sekarang” yang akan langsung terhubung ke media sosial. Terakhir, masyarakat juga dapat mendukung gerakan ini dengan mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua. Yuk, lakukan perubahan kecil untuk wujudkan Indonesia Bersih Sampah 2025!