alexametrics

Langkah Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Tri Apriyani
Langkah Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word
Ilustrasi Microsoft Word. [Shutterstock]

Membuat daftar pustaka adalah salah satu bagian terpenting dari karya ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir. Daftar pustaka mencakup informasi referensi yang dikutip di karya ilmiah Anda.

Isi daftar pustaka adalah berupa nama penulis, tahun tulisan, judul tulisan, kota penerbit, dan identitas penerbit.

Membuat daftar pustaka termasuk bagian sulit dalam membuat karya ilmiah karena harus sesuai dengan format yang berlaku. Akhirnya hal ini sering diabaikan oleh penulis.

Namun ada tips mudah membuat daftar pustaka yang dapat Anda coba ketika membuat karya ilmiah. Berikut adalah langkah mudah membuat daftar pustaka otomatis dari Microsoft Words:

1. Buka Dokumen Karya Tulis

Buka dokumen karya tulis Anda lalu cari kutipan yang ingin Anda buat daftar pustakanya.

2. Sumber Kutipan

Setelah menemukan kutipannya, arahkan kursos pada bagian akhir kalimat kutipan. Lalu buka menu 'References', lalu klik 'Insert Citation' dan 'Add New Source'

3. Isi Informasi Sumber Kutipan

Setelah melakukan langkah 2, akan muncul isian untuk mengisi informasi sumber kutipan. Isi informasi yang ada sesuai dengan sumber kutipan Anda.

Daftar pustaka otomatis di Ms Word
Daftar pustaka otomatis di Ms Word

4. Daftar Pustaka

Arahkan kursos ke halaman Daftar Pustaka di dokumen karya ilmiah Anda. Pada menu 'References' klik Bibliography dan pilih 'Insert Bibliography'

Daftar pustaka otomatis di Ms Word
Daftar pustaka otomatis di Ms Word

Informasi sumber kutipan yang sudah Anda isi akan otomatis muncul di halaman Daftar Pustaka Anda.

5. Mengupdate Daftar Pustaka

Apabila Anda menambahkan sumber kutipan lain pastikan untuk selalu mengupdate di halaman Daftar Pustaka. Caranya dengan mengarahkan kursor ke Daftar Pustaka, klik kanan lalu pilih 'Update Field'

Daftar pustaka otomatis di Ms Word
Daftar pustaka otomatis di Ms Word

Dengan cara ini Anda tidak perlu susah-susah menuliskan secara manual dan mengatur format daftar pustaka karena tools dari Microsoft Word akan membantu Anda membuat daftar pustaka secara otomatis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak