alexametrics

Inilah 8 Tahapan Korean Skincare yang Harus Kamu Coba!

Ayurizkaap
Inilah 8 Tahapan Korean Skincare yang Harus Kamu Coba!
Ilustrasi merawat kulit dengan skincare (Andrea Piacquadio/Pexels)

Korea Selatan merupakan salah satu kiblat dalam industri kecantikan terutama di Asia. Masyarakat Korea biasanya melakukan banyak tahapan untuk merawat kulit mereka. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun produk skincare lainnya.

Masyarakat Korea dikenal memiliki kulit yang cenderung putih bersih dan sangat terawat. Dalam hal ini, ternyata masyarakat Korea melakukan beberapa tahapan skincare atau perawatan kulit yang cukup kompleks.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam Korean Skincare :

1. Double Cleansing

Tahap ini adalah tahap awal dengan membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel. Untuk pertama, gunakan kapas dan micellar water untuk membersihkan sisa make up ataupun kotoran. Selanjutnya, mencuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka yang cocok dengan kondisi kulitmu.

Untuk kulit muka kering, gunakan sabun cuci muka yang bertekstur krim, sedangkan bagi kulit berminyak, gunakan sabun cuci muka yang bertekstur gel.

2. Toner

Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)

Selanjutnya adalah menggunakan toner. Produk ini biasa digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit. Selain itu toner juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit wajah. Sehingga kulit menjadi terhidrasi dengan baik dan tidak menjadi kering. Toner sendiri berbentuk cair dan biasanya berwarna bening. Hal ini juga bergantung pada merek maupun fungsi dari toner tersebut.

3. Essence

Tahapan ini adalah tahapan yang dapat kamu lakukan atau kamu lewati. Penggunaan essence disini difungsikan untuk memudahkan serum menyerap ke dalam kulit wajah. Selain itu, penggunaan essence pun juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi keriput dalam wajah. Essence ini bertekstur kental dan kamu hanya perlu menggunakannya sedikit saja pada wajah.

4. Serum

Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)
Perempuan menggunakan serum perawatan wajah. (Shutterstock)

Fungsi utama serum adalah sebagai spot treatment. Dalam hal ini, jika kamu memiliki masalah kulit tertentu seperti kusam, jerawat atau flek hitam, penggunaan serum yang tepat akan membantu kamu dalam memperbaiki kondisi wajah kamu.

Serum ini memiliki kandungan yang cukup kuat dan intens, jadi pastikan sebelum membeli, pastikan bahan-bahan yang menjadi kandungan serumnya. Segera stop pemakaian jika kulit kamu merasa iritasi.

5. Eye Cream

Penggunaan eye cream ini ada berbagai fungsi. Mengurangi area gelap pada mata, menyamarkan garis halus kerutan pada wajah, dan melembabkan area mata. Untuk penggunaannya sendiri lebih baik digunakan pada usia 23 tahun keatas.

Namun tergantung juga pada permasalahan kulit yang dimiliki setiap orang. Bahan-bahan yang terkandung dalam eye cream biasanya lebih berat dan kompleks. Menggunakan eye cream pun tidak perlu banyak, hanya seujung jari saja.

6. Moisturizer

Ada beberapa jenis pelembab yang dapat kamu pakai. Jika kamu menggunakan nya pagi hari, kamu dapat menggunakan Day Cream, begitupun saat malam hari, kamu dapat menggunakan Night Cream.

Pelembab dalam hal perawatan kulit digunakan untuk mengunci produk-produk yang dipakai pada tahap sebelumnya. Selain itu, pilih pelembab yang bertekstur ringan agar mudah menyerap pada kulit.

7. Sheet Mask

Sheet Mask. (Shutterstock)
Sheet Mask. (Shutterstock)

Sheet mask ini sangat populer dalamtahapan skincare korea. Banyak brand Korea yang mengeluarkan produk Sheet Mask ini. Sifatnya yang praktis dan harga terjangkau membuat produk ini digandrungi banyak orang. Baik laki-laki maupun perempuan pun sering menggunakan produk ini untuk merawat kulit mereka.

Pemakaian sheet mask  hanya dapat sekali pakai saja. Penggunaannya pun hanya 15 menit saja, jika dilakukan lebih maka kulit akan menjadi kering. Biasanya penggunaan sheet mask ini setelah tahap mencuci muka.

8. Sunscreen

Penggunaan sunscreen saat pagi hari untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Tahap ini dapat dilakukan setelah kamu menggunakan pelembab wajah. Gunakan sunscreen dengan SPF yang normal untuk beraktifitas sehari-hari.

Dari semua tahap tadi, bagian mana yang sudah kamu terapkan dalam skincare rutinmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak