alexametrics

Mata Lelah Saat Bekerja? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Dyan Arfiana Ay
Mata Lelah Saat Bekerja? Atasi dengan 5 Cara Ini!
ilustrasi mata lelah (getty image)

Ketika rutinitas pekerjaan memaksa kita untuk menghadap layar komputer selama berjam-jam, tentu keluhan yang akan sering kita rasakan adalah mata yang terasa lelah. Aktivitas kita di depan telepon pintar juga semakin membuat mata kita terasa lelah.

Jika keluhan mata lelah terjadi pada Anda, segera atasi dengan 5 cara ini :

1. Rutin berkedip

Seringkali ketika bekerja di hadapan computer, kita terlalu fokus dengan apa yang kita kerjakan sehingga kita lupa untuk berkedip. Padahal, berkedip sebagai refleks alami mata membantu menjaga kelembapan mata kita.

Jadi, ketika mata kita terasa lelah ditandai dengan pandangan yang mulai kabur ataupun mata berair, segera atasi dengan rutin berkedip. Dengan berkedip, mata kita akan kembali lembab.

2. Istirahatkan mata

Meskipun sedang dikejar pekerjaan, jangan lupa untuk rutin mengistirahatkan mata. Caranya yaitu dengan mengalihkan pandangan ke objek lain selama beberapa saat. Atau, bisa juga mengistirahatkan mata sembari berjalan mencari udara segar di dekat jendela. Dengan member jeda pada mata, mata kita akan lebih rileks dan keluhan mata lelah bisa segera teratasi.

3. Gunakan obat tetes mata

Bila perlu, kamu juga bisa menyediakan obat tetes mata di meja kerjamu. Tapi, pastikan untuk memilih obat tetes mata yang aman dan gunakan sesuai petunjuk, ya. Jangan gunakan secara berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping pada mata kita.

4. Atur posisi duduk

Posisi duduk kita saat menghadap komputer juga berpengaruh pada intensitas mata lelah. Lebih baik, dekatkan meja komputer kita dengan jendela, sehingga kecenderungan kita untuk mengistirahatkan mata dengan cara melihat objek yang lebih jauh akan semakin tinggi. Hindari posisi computer yang menghadap langsung ke tembok, karena akan membuat mata kita lebih cepat lelah.

5. Gunakan pencahayaan yang pas

Jika mata kita terasa cepat lelah saat menatap layar komputer maupun telepon pintar, bisa jadi karena buruknya pencahayaan di ruangan. Ruangan yang terlalu terang ataupun terlalu redup akan membuat mata kita bekerja dengan ekstra keras sehingga besar kemungkinan untuk cepat merasa lelah.

Jadi, sebelum bekerja pastikan ruangan yang kamu pakai memiliki pencahayaan yang baik. Patokannya yaitu, ketika melihta sesuatu di ruangan itu, Anda tidak perlu memicingkan mata.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak