alexametrics

Kukuh Pertahankan 5 Sikap Ini akan Membuatmu Dijauhi Teman, Dicap Boring!

Latifah
Kukuh Pertahankan 5 Sikap Ini akan Membuatmu Dijauhi Teman, Dicap Boring!
Ilustrasi pertemanan (unsplash.com/@trung18tuoi)

Sekuat apa pun orang, tentunya akan merasa kesepian ketika dijauhi teman-temannya. Karena memang sudah suratannya, manusia adalah makhluk sosial. Selalu butuh kehadiran orang lain, terlepas dari mau mengakuinya atau tidak.

Namun tak ada asap kalau tak ada api. Tentu ada sebabnya kenapa teman-teman tak begitu suka berinteraksi denganmu. Bisa jadi, sifat kamu yang boring atau membosankan, membuat mereka tak nyaman. Karena itu, hindari sikap di bawah ini jika kamu ingin memperbaiki kualitas hubunganmu dengan orang-orang sekitar. Ini daftarnya!

1. Tak mau mengakui kesalahan

Setiap manusia itu pasti pernah bikin salah, titik! Jika ini sudah kamu sadari, tak akan ada lagi sikap arogan merasa bahwa dirimu itu selalu benar.

Justru sikap demikian yang membuat orang lain jadi malas bergaul denganmu. Saat salah bukannya sadar atau meminta maaf, malah nyolot menunjuk-nunjuk orang lain. Gak ada lho, yang betah dekat-dekat dengan tipe orang seperti ini.

2. Ratu drama!

Hidup ini penuh dinamika, ada bahagia, ada pula duka. Ada kemudahan, ada pula kesulitan. Yang terpenting bagaimana kamu bereaksi dengan semua itu.

Kalau dikasih tantangan sedikit reaksinya sudah seperti akan kiamat, orang akan berpendapat, lebay banget! Itu, yang membuat banyak teman menjauhimu.

Karena kamu sudah terkenal sebagai ratu drama. Masalah sepele bisa jadi war kalau sudah menyangkut dirimu. Lagi pula, nggak semua orang senang dengan drama di kehidupan nyata, lho!

3. Ego setinggi langit

Sikap lain yang perlu kamu buang jauh-jauh kalau serius tak ingin disebut boring, egomu itu lho diturunkan sedikit levelnya. Hanya memikirkan keuntungan pribadi dan tak peduli dengan perasaan atau kondisi orang lain, membuat orang jadi malas berteman.

Namanya teman, harusnya ada rasa peduli sesama. Selain keluarga, teman yang umumnya diandalkan ketika seseorang mengalami kesulitan. Kalau kamu enggan membantu atau menunjukkan rasa sedikit empati, itu pula yang akan kamu tuai. Orang jadi enggan pula untuk peduli padamu.

4. Suka memotong pembicaraan

Sikap lain yang membuat kamu ditinggalkan atau diikutsertakan dalam pembicaraan adalah kebiasaanmu memotong pembicaraan. Selain mengganggu jalannya obrolan, sikap demikian juga menunjukkan bahwa kamu tak menghormati teman-temanmu sendiri.

5. Selalu melihat sisi negatif

Hidup ini tanpa dikeluhkan pun akan selalu ada permasalahan atau yang memancing emosi negatif. Terus-menerus membicarakannya setiap kali kamu berbincang, lama-lama membuat orang capek mendengarkan.

Ada kalanya mereka ingin ngobrol bersama teman untuk sekadar melupakan permasalahan hidup atau beban di pundaknya. Tapi mendengarmu selalu melihat kehidupan ini dari sisi buruk, bukannya malah menceriakan hati mereka, malah bikin stres menjadi-jadi.

Memang karakter manusia itu beda-beda dan sebaiknya kita bisa menjadi diri sendiri. Tapi jika itu menyangkut sifat yang tak baik, jangan terus dipelihara. Tapi perlahan dihilangkan sikap itu, demi kebaikan dirimu juga.

Tentunya nggak mau, kan seumur hidup kesepian karena orang jengah bergaul denganmu? Karena itu, diubah ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak