alexametrics

Sering Jadi Sumber Konflik, 5 Tips Tingkatkan Hubungan dengan Saudara Ipar

Riva Khodijah
Sering Jadi Sumber Konflik, 5 Tips Tingkatkan Hubungan dengan Saudara Ipar
Ilustrasi HUbungan Ipar. (pexels.com/SamLion)

Pernikahan tak hanya menyatukan antara kamu dan pasangan. Tapi juga dua keluarga besar. Sering, keluarga besar inilah yang membuat kehidupan rumah tanggamu jadi seperti di neraka.

Salah satu yang sering jadi pemicu konflik salah satunya adalah saudara ipar. Nah, supaya nggak kejadian, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan hubunganmu dengan saudara ipar. Apa saja?

1. Luangkan waktu bersama

Tips pertama untuk membuat kamu dan saudara ipar nggak seperti orang asing, adalah dengan menghabiskan waktu bersamanya. Selain jadi cara tak langsung menunjukkan niat baikmu untuk menjalin hubungan yang dekat dengannya, hal ini juga penting supaya saudara iparmu jadi merasa nyaman dengan kehadiranmu sebagai anggota baru keluarga besar.

2. Memberikannya hadiah

Ketika dia ulang tahun, atau mengalami momen besar dalam hidupnya, bisa kamu gunakan sebagai celah mengambil hatinya, lewat hadiah. Siapa, sih yang nggak suka hadiah? Sikap dinginnya bisa cair, kalau tahu ternyata kamu itu perhatian, dan sayangnya bukan ke pasanganmu saja, tapi ke seluruh keluarga pasangan.

3. Menjadikannya sahabat

Tentu bahagia, bila dari momen pernikahan, kamu nggak hanya nambah keluarga, tapi juga sahabat baru. Maka dari itu, cobalah berpikir terbuka untuk menjadikannya sebagai sahabat. Siapa tahu, dari yang awalnya canggung, lama-lama, dia bisa jadi sahabat dekatmu.

4. Meminta pendapatnya

Salah satu cara menghargai orang lain, adalah dengan meminta pendapatnya. Dari situ, dia jadi tahu, kalau kamu bukan tipe orang yang merasa paling pintar. Tapi, mampu rendah hati untuk menerima masukan.

5. Membantunya saat dia kesulitan

Saat menemui kesulitan, ada sebagian orang yang tak canggung untuk meminta bantuan, ada lagi yang rasanya super nggak enakan untuk minta tolong. Nah, kalau memang kamu tahu saudara iparmu sedang ditimpa kesulitan, tapi nggak ngomong apa-apa, tak ada salahnya, kamu berinisiatif untuk membantunya.

Walaupun tak menjamin sikap baikmu akan dibalas baik juga, tapi setidaknya kamu telah berusaha untuk menjadi orang baik bagi orang-orang sekitarmu, termasuk saudara ipar. Hal ini, akan memperbesar peluang kehidupan rumah tanggamu jadi minim drama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak