facebook

4 Peluang Usaha di Balik Ancaman Pandemi Covid-19 yang Mencekam

JUNAEDI
4 Peluang Usaha di Balik Ancaman Pandemi Covid-19 yang Mencekam
Ilustrasi bisnis online. (Shutterstock)

Pandemi Covid-19 meluluhlantahkan semua lini kehidupan manusia. Di mana rumah ibadah, seperti  masjid, gereja, vihara, pura, klenteng  menjadi tidak begitu berarti. Di dunia pendidikan, model pembelajaran tatap muka menjadi tidak begitu penting dikalahkan oleh model pembelajaran jarak jauh.

Sehingga terjadi pergeseran habitus dari normal menjadi new normal, dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Dari yang semula banyak ngomong berubah menjadi irit ngomong karena harus memakai masker. Dari masyarakat yang suka kumpul-kumpul menjadi masyarakat yang membatasi diri dengan menghindari kerumunan massa. Dari kepeduliaan terhadap kebersihan lingkungan yang sangat rendah menjadi sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan tentu saja dengan pola hidup bersih dan sehat membiasakan selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Di bidang ekonomi, semua sektor usaha dibuat mati suri. Pusat-pusat perbelanjaan, supermarket, dan malldi kota-kota besar banyak yang gulung tikar. Hotel-hotel, kos-kosan dan restoran banyak yang akan dijual karena sudah tidak mampu lagi untuk membayar karyawan dan operasional hariannya.

Di balik meningkatnya pandemi Covid-19 yang tidak tahu sampai kapan berakhirnya, ada beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha dengan menciptakan peluang usaha di tengah pandemi Covid – 19, dengan menganalisa antara peluang dan ancaman bertambahnya pandemi Covid-19.

1. Jual beli Masker

Dengan mengambil peluang anjuran dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Desa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan,  jual beli masker menjadi salah satu produk bisnis yang sangat menjanjikan. Dengan varian produk mulai dari masker kesehatan, masker custom aneka gambar cantik, masker batik, masker hijab, masker anak, dan lain sebagainya.

Perusahaan pembuat masker, apotek, reseller masker, para penjahit masker, pedagang kaki lima pinggir jalan adalah para penjual yang mempunyai peluang bisnis di masa pandemi Covid -19.

2. Infrastruktur Cuci Tangan

Bisnis infrastruktrur untuk mencuci tangan juga tidak kalah menariknya dengan jual beli masker, peluangnya hampir sama seperti jual beli masker karena mendukung protokol kesehatan bagi rumah tangga maupun bagi semua instansi baik pemerintah maupun instansi-instansi swasta. Anjuran mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, inilah value bisnisnya.

Insfrastruktur mencuci tangan yang dibuat di depan rumah atau di depan kantor semua instansi adalah suatu keharusan, sehingga bagi pebisnis yang mempunyai produk usaha di bidang mempunyai peluang bisnis yang sangat tinggi, seperti ember berkran, bak cuci piring stainless/wastafel, kran beserta pipa instalasi air, sabun cuci cair, dan poster anjuran unutk mencuci tangan.

3. Jual Beli Pulsa Data Internet

Perusahaan penyedia layanan data internet/wifi atau penjual pulsa data memiliki  peluang bisnis yang sangat tinggi, karena dalam situsai dan kondisi masa pandemi Covid-19 yang sebarannya semakin meningkat maka Pemerintah menganjurkan untuk menghindari kerumunan, menghindari interaksi sosial, dan imbauan untuk work from home (WFH) dan bagi dunia pendidikan yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh, maka alat komunikasi berbasis yang data internet sangatlah dibutuhkan oleh semua orang.

Makanya jangan heran, apabila bisnis jual beli data internet ini grafiknya mengalami kenaikan yang signifikan.

4. Jual Beli Suplemen Kesehatan

Dalam situasi dan kondisi era pandemi Covid-19 yang semakin meningkat, maka daya imunitas tubuh semua warga masyarakat perlu menjadi prioritas kesehatan warga masyarakat. Salah satunya adalah mengonsumsi minuman kesehatan yang mengandung daya imun yang tinggi seperti vitamin C. Oleh karena itu, kebutuhan akan minuman suplemen kesehatan harus dikonsumsi setiap hari, mulai dari racikan sendiri maupun dalam bentuk kemasan yang dijual oleh apotek dan warung-warung dengan varian yang beraneka macam.

Bagi para petani, pedagang pasar tradisional yang menjual rempah-rempah seperti jahe, jahe merah, sereh, kunyit, jeruk nipis, jeruk peras dan kelapa muda adalah berkah tersendiri di masa pandemi ini. Baru-baru ini, banyak apotek ramai diburu para pembeli untuk memborong suplemen kesehatan dengan varian aneka macam yang mengandung vitamin C dan dapat menjaga stamina tubuh (imun tubuh).

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak