alexametrics

Rugi Banget! Kamu Akan Kehilangan 5 Manfaat Ini Jika Bangun Kesiangan

Funcrev
Rugi Banget! Kamu Akan Kehilangan 5 Manfaat Ini Jika Bangun Kesiangan
Ilustrasi bangun tidur (Unsplash/bruce mars)

Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah rutinitas mudah yang harus dilakukan agar dapat tepat waktu untuk melakukan aktivitas lainnya. Namun, bagi sebagian orang lainnya, bangun pagi adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk didapatkan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah seringnya tidur larut malam atau begadang.

Tidak hanya agar waktu setelah bangun lebih banyak, bangun pagi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Untuk kamu yang masih sering kesiangan, wah kamu rugi banget nih, karena masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan bangun pagi seperti berikut:

1. Menjadi lebih tenang

Manfaat yang paling banyak dirasakan orang saat mereka bangun tepat pada pagi hari adalah perasaan dan pikiran yang menjadi lebih tenang. Kamu juga dapat merasa rileks dan lebih tenang di pagi hari untuk menyelesaikan berbagai kegiatan karena waktu yang lebih luang.

2. Memiliki waktu berolahraga

Memiliki waktu yang lebih luang dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan bermanfaat lain seperti berolahraga. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk membuat tubuhmu lebih bugar dengan berbagai olahraga ringan.

Olahraga pagi akan memberikan efek “membangunkan” bagi tubuh, sehingga kamu menjadi lebih aktif dalam memulai hari. Sirkulasi darah ke seluruh tubuh juga menjadi lancar karena berolahraga dan masih banyak manfaat lain dengan berolahraga di pagi hari.

3. Terhindar dari stres

Dengan bangun lebih pagi akan membuatmu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan, kebisingan, dan hal buruk lainnya. Terhindar hal dari hal-hal berikut akan membuat pikiranmu lebih tenang saat bangun pagi. Selain terhindar dari stres, tubuhmu juga akan lebih siap dalam menjalankan hari karena tidak tergesa-gesa oleh waktu.

4. Menikmati udara segar

Menikmati udara segar di pagi adalah hal yang tidak bisa kamu dapatkan jika terlambat untuk bangun di pagi hari. Udara pagi yang segar dan belum banyak tercemar polusi juga akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Udara yang segar akan membuat pernapasan serta pikiran menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres di pagi hari.

5. Waktu lebih luang

Terburu-buru memang hal yang paling menyebalkan, apalagi jika hal tersebut terjadi di pagi hari. Selain membuat pikiran menjadi tidak nyaman, hal tersebut juga dapat membuat kita melakukan sebuah kesalahan.

Dengan bangun lebih pagi, waktu yang kamu dapatkan untuk mempersiapkan hari menjadi lebih luang. Kamu dapatkan memanfaatkan waktu luang tersebut untuk melakukan hal-hal lain dengan lebih rileks dan tidak tergesa-gesa. Waktu luang tersebut juga dapat kamu manfaatkan untuk mempersiapkan hari dengan lebih baik, sehingga tidak menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan.

Ada begitu banyak manfaat lain dari bangun di pagi hari. Oleh sebab itu, mengupayakan bangun lebih pagi merupakan bagian penting dalam memulai hari dan mewujudkan tingkat kesehatan yang lebih baik. Diharapkan keuntungan bangun pagi di atas dapat mendorong diri untuk berusaha mendapat jam bangun tidur yang lebih pagi. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak