alexametrics

5 Skill yang Wajib Kamu Punya Selagi Muda Agar Asmara dan Karier Lancar

Latifah
5 Skill yang Wajib Kamu Punya Selagi Muda Agar Asmara dan Karier Lancar
Ilustrasi Remaja (Shutterstock)

Meski kehidupan manusia itu kompleks, namun sisi yang biasanya sangat umum dibahas yakni persoalan hubungan dan karier. Pasti kamu pengin dong punya hubungan asmara yang lancar, ditambah lagu jenjang karier yang sukses dan maksimal.

Untuk mencapainya, ada beberapa skill yang wajib kamu kuasai sejak kamu masih muda. Apa saja? Yuk, kita simak sama-sama!

1. Problem solving

Skill pertama yang harus kamu kuasai adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Biasakan ketika ada masalah, jangan langsung panik. Tapi berusaha berpikir jernih untuk dicari solusinya.

Orientasi pada solusi ini gak hanya penting ketika kamu sudah masuk dunia kerja. Namun juga krusial saat kamu menjalin asmara. Karena ingat, dalam hidup ini, di sisi mana pun, pasti akan ditemukan berbagai masalah.

Kalau selagi muda sudah piawai dalam memecahkan persoalan, maka hidupmu, baik dari sisi personal maupun profesi, bakal lancar.

2. Berpikir kritis

Manusia dianugerahi oleh Tuhan akal pikiran. Sehingga, selayaknya kamu gunakan dengan maksimal. Kalau mendapat informasi, jangan langsung ditelan mentah-mentah. Tapi dianalisis dulu keabsahan sumbernya, dan kira-kira logis atau tidak. Sikap seperti ini, bisa menghindarimu termakan berita-berita palsu.

3. Kreatif

Selagi kamu masih muda, cobalah latih berpikir kreatif. Jangan hanya terpaku pada satu cara saja. Coba cari, celah-celah yang masih bisa diperbaiki. Ini penting, lho.

Orang kreatif, sangat dicari perusahaan. Dan ketika diterapkan dalam hubungan, bisa membuat jalinan asmaramu gak membosankan.

4. Adaptasi

Perubahan itu sebuah keniscayaan. Semua hal pasti akan berubah. Maka dari itu, skill adaptasi ini akan sangat diperlukan.

Orang yang adaptif, ketika mengalami kondisi yang tidak sama, ia tak akan sibuk meratapi nasib. Akan tetapi berusaha cari alternatif bagaimana dia mampu bertahan di era yang sudah berubah tersebut.

5. Mengendalikan emosi

Nah, skill ini juga krusial di seluruh sisi hidupmu. Kalau kamu sudah berhasil mengendalikan emosi, maka saat terjun di dunia profesi, tidak mudah terintimidasi oleh berbagai masalah yang kamu hadapi.

Dan ketika kemampuan ini dipraktikkan dalam hubungan percintaan, bisa membuat kamu dan pasangan jadi langgeng. Karena segala sesuatu selalu bisa dikomunikasikan dengan baik, gak pakai ‘urat’!

Kalau kelima skill tadi belum kamu miliki, gak perlu sedih. Latih saja terus. Dengan konsisten, nantinya kamu juga bakal menguasai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak