facebook

5 Langkah Sehat Selesaikan Masalah Rumah Tangga, Bukan Curhat di Medsos!

Riva Khodijah
5 Langkah Sehat Selesaikan Masalah Rumah Tangga, Bukan Curhat di Medsos!
Ilustrasi Hubungan Harmonis. (pexels.com/Laura Garcia)

Konflik rumah tangga memang akan selalu ada. Termasuk pada pasangan yang romantis dan hubungan pernikahannya sudah puluhan tahun. Mereka pasti sudah merasakan asam garam berbagai persoalan dalam pernikahan.

Nah, supaya kamu bisa secara dewasa menyikapi setiap permasalahan rumah tangga yang dialami, ada beberapa langkah sehat untuk menyelesaikannya. Apa saja?

1. Menyederhanakan konflik yang terjadi

Hal yang dimaksud bukan menyepelekan masalah. Melainkan ketika ada konflik, fokus saja pada penyelesaian masalah itu. Jangan dibuat rumit, misalnya dengan mengungkit-ungkit lagi masalah yang dulu. Ini yang bikin masalah sepele jadi tampak ruwet.

2. Perbaiki pola pikir

Dalam seluruh aspek kehidupan, kamu akan selalu menemui persoalan. Begitu pun ketika berumah tangga. Maka dari itu, mindset-nya harus diperbaiki dulu. Jangan menganggap konflik itu sebagai hal yang harus kamu takuti. Anggap saja hal wajar yang akan kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Bila pola pikirnya sudah benar, setiap ada konflik, kalian jadi bisa menghadapinya dengan tenang. Bukan malah panik atau terbawa emosi. Justru konflik yang ada, bisa membuat kalian semakin dewasa dan berkembang.

3. Buat kesepakatan ketika menghadapi konflik

Setiap orang punya cara sendiri untuk menyelesaikan masalah. Ada yang lebih nyaman langsung konfrontasi, tapi ada pula yang butuh waktu menyendiri terlebih dahulu.

Sebaiknya sebelum kalian memutuskan untuk menikah, cobalah saling mengenal satu sama lain bagaimana kalian saat menghadapi masalah. Dan temukan jalan tengah, supaya bisa jadi panduan ketika nanti kalian sudah berumah tangga.

4. Hindari curhat kepada orang lain

Saat menghadapi masalah dengan pasangan, hindari membuat suasana semakin runyam dengan curhat ke mana-mana. Apalagi ke media sosial.

Hal itu nggak akan menyelesaikan masalah. Yang ada, malah jadi mengumbar aib, karena semua orang jadi tahu kalau hubungan kalian sedang tidak baik-baik saja.

Biasakan untuk berterus terang pada pasangan. Komunikasi yang terbuka seperti ini, jadi kunci penting langgengnya hubungan, lho!

5. Berorientasi pada solusi

Konflik nggak akan selesai dengan adu argumen, apalagi jadi kompetisi siapa yang teriakannya paling kencang. Langkah sehat menyelesaikan konflik, adalah dengan fokus pada solusi. Menang berpendapat, tapi membuatmu akhirnya berpisah dengan pasangan, untungnya apa?

Untuk membuat hubungan rumah tanggamu langgeng sampai kakek nenek, bukan berarti jalannya akan selalu mulus. Melainkan gimana cara menghadapi setiap masalah dengan cara-cara yang sehat. Jadi, coba terapkan langkah di atas, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak