alexametrics

5 Buah Pereda Asam Lambung

Denisa
5 Buah Pereda Asam Lambung
Ilustrasi pengidap asam lambung. (Pixabay/AaronAmat)

Salah satu penyakit yang menyerang lambung yaitu meningkatnya asam lambung. Penyakit asam lambung, atau yang sering disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang manusia dewasa.

Gejala dari penyakit asam lambung ini bermacam-macam, mulai dari nyeri pada ulu hati, panas atau perih di bagian dada hingga kerongkongan, juga rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Beberapa buah dianggap mampu untuk mengobati penyakit asam lambung. Lantas, buah apa saja itu?

1. Melon

Buah yang manis ini memiliki berbagai manfaat. Salah satunya untuk mengobati penyakit asam lambung. Buah ini memiliki kandungan basa yang cukup tinggi akibat mineral magnesium yang ada di dalamnya. Sebab, magnesium sendiri merupakan salah satu kandungan utama dalam antasida untuk meredakan gejala maag.

2. Pisang

Dengan mengkonsumsi pisang, bisa membantu dalam menetralisir asam lambung sekaligus meringankan gejala maag. Kadar asam dalam buah ini bisa dibilang cukup rendah, karena hanya memiliki kadar pH sekitar 4,5 – 5,2. Sehingga pisang aman dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit asam lambung.

Tekstur halus dan lumat pada pisang sendiri dapat memulihkan fungsi lambung. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada pisang, mampu untuk mencegah munculnya masalah pencernaan bagi penderita asam lambung.

3. Pepaya

Buah pepaya ini ternyata baik juga untuk menjaga kesehatan lambung kamu. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dihasilkan enzim protease dari getah pada buah pepaya.

Fungsi enzim ini sendiri yaitu, agar membantu dalam proses pencernaan serta mempermudah penguraian protein. Dalam hal ini protein akan mudah dipecah menjadi bentuk terkecil berupa asam amino.

4. Kelapa

Kelapa sendiri mengandung mineral kalium, yaitu senyawa yang mampu menenangkan sistem pencernaan. Kelapa juga mampu untuk menjaga suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung.

Jika kamu ingin merasakan manfaat lain dari buah kelapa ini, kamu bisa meminumnya setiap hari selama 2 minggu berturut-turut.

5. Semangka

Semangka mampu mengobati penyakit asam lambung dikarenakan kadar airnya sangat tinggi. Selain itu, semangka sendiri mengandung beberapa zat seperti antioksidan, vitamin C, asam amino, vitamin A yang tentunya beberapa hal tersebut sangat baik untuk kesehatan kamu.

Itu tadi beberapa buah yang mampu membantu kamu dalam meringankan penyakit asam lambung. Tentu konsumsi buah ini harus diimbangi dengan gaya hidup kamu yang sehat. Pola makan dijaga secara teratur, tidak lupa memperhatikan jenis makanan dan minuman apa yang kamu makan.

Jika memang kamu memiliki riwayat penyakit maag, maka kamu harus lebih selektif pastinya dalam memilih makanan, serta tidak boleh terlambat makan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak