alexametrics

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Hubungan Suami Istri

Riva Khodijah
Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Hubungan Suami Istri
Ilustrasi bermain gadget (pexels.com/Jep Gambardella)

Media sosial sudah memengaruhi banyak lini kehidupan. Mulai dari gaya hidup, hingga pengaruh terhadap hubungan suami istri.

Berikut ini, beberapa dampak positif dan negatif dari media sosial terhadap hubungan suami istri. Apa saja?

1. Bisa jadi sumber diskusi

Gak bisa dimungkiri, dengan kehadiran media sosial, perputaran informasi jadi begitu cepat. Berita heboh tertentu cepat sekali viralnya.

Positifnya, hal ini bisa jadi bahan diskusi kamu dan pasangan. Jadi, ketika berbincang bersama, gak kehabisan topik. Karena selalu ada update terkini perihal berbagai persoalan yang terpampang di media sosial.

2. Bisa mendekatkan yang jauh, begitu pun sebaliknya

Ada banyak orang yang bisa menikah dan bertemu jodohnya lewat media sosial. Berawal dari saling sapa, berlanjut saling bertukar pesan langsung. Akhirnya, saling menanyakan nomor telepon, eh, ternyata cocok dan bisa ke pelaminan.

Namun, negatifnya, banyak pula hubungan suami istri jadi rusak akibat pengaruh media sosial. Sebagai contoh, saat pasangan lagi sibuk bercerita, kamu malah sibuk scrolling Instagram.

Atau ketika melihat mantan update sesuatu, kamu memberi komentar dengan mesra. Ya, wajarlah pasangan jadi cemburu dan berpikir untuk pisah. Mesranya mengalahkan dengan pasangan sah!

3. Membanding-bandingkan pasangan

Sisi negatif lain dari maraknya penggunaan media sosial, adalah kamu jadi membanding-bandingkan kondisimu dengan orang lain. Melihat ada teman yang bisa mesra dengan pasangan di hotel mewah yang indah dan romantis, kamu jadi menuntut pasangan untuk bisa melakukan hal itu juga.

Padahal, kamu sebenarnya sadar, bahwa kemampuan pasangan belum sampai sejauh itu. Dan ini, lho yang kadang mendorong perilaku korupsi. Demi menuruti kehendakmu, pasangan jadi menghalalkan segala cara untuk dapatkan uang. Bahaya!

4. Kualitas hubungan jadi berkurang

Terlalu sibuk dengan media sosial, membuat kamu jadi merasa kehidupan dunia nyata itu membosankan. Akibatnya, interaksi nyata dengan pasangan jadi minimal. Lebih enak bersosialisasi di dunia maya.

Akibatnya, ikatan pernikahan jadi renggang. Karena sudah gak ada lagi kedekatan emosional. Gimana mau dekat, kalau saat di rumah, masing-masing asyik sendiri dengan gadgetnya.

Nah, menurutmu sisi positif dan negatif apalagi dari media sosial yang memengaruhi hubungan suami istri?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak