alexametrics

Susah Tidur? Berikut 5 Cara Cepat Atasi Insomnia

Funcrev
Susah Tidur? Berikut 5 Cara Cepat Atasi Insomnia
Ilustrasi susah tidur, insomnia. (Shutterstock)

Gelisah dan sulit untuk tidur di malam hari, bisa jadi Anda sedang mengalami insomnia. Insomnia adalah kondisi dimana sulit atau bahkan tidak bisa sama sekali untuk tidur.

Insomnia memang bukan sesuatu yang sangat berbahaya, namun hal ini dapat membuat penderitanya menjadi lebih sulit mengatur waktu karena waktu istirahat yang tidak maksimal. Dan jika hal ini terus-menerus dibiarkan terjadi, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

Bila Anda sering mengalami insomnia, berikut 5 tips dan cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba, antara lain:

1. Luangkan waktu untuk relaksasi

Jika Anda merasa sulit untuk tidur di malam hari, Anda bisa mencoba metode relaksasi sebelum tidur. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda pun akan mudah terlelap.

Beberapa aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

2. Terus berpikir positif

Salah satu penyebab insomnia biasanya adalah pikiran stres. Rasa cemas dan khawatir berlebihan terhadap sesuatu dapat mengganggu pikiran Anda saat hendak rileks. Itulah sebabnya orang yang sedang banyak pikiran hingga stres akan rentan mengalami insomnia.

Anda juga dapat mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran. Bahkan apabila insomnia belum juga teratasi, Anda bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk menjalani konseling dan psikoterapi. 

3. Kurangi konsumsi minuman mengandung kafein dan alkohol

Insomnia biasa juga terjadi setelah banyak minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur. Minuman-minuman tersebut dapat membuat Anda lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. 

4. Hindari merokok sebelum tidur

Kandungan nikotin di dalam rokok juga dapat membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar mata dan pikiran Anda tidak terjaga sepanjang malam.

5. Buat tempat tidur senyaman tidak

Banyak orang yang selalu lebih betah jika melakukan aktivitasnya di dalam kamar seperti menonton, bermain game, makan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Padahal hal tersebut seharusnya tidak dilakukan sepenuhnya di dalam kamar. 

Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan sleep hygiene seperti mematikan ponsel, laptop atau elektronik lainnya agar bisa lebih mudah tidur. Beberapa cara mengatasi insomnia di atas sebaiknya dilakukan secara rutin agar tidur nyenyak di malam hari bisa Anda nikmati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak