alexametrics

Selalu Merasa Rugi, Berikut 5 Bentuk 'Privilege' yang Jarang Disadari

Funcrev
Selalu Merasa Rugi, Berikut 5 Bentuk 'Privilege' yang Jarang Disadari
Senyum dan bahagia bisa menular. (Shutterstock)

Belakangan ini, ramai dibicarakan bahwa kesuksesan yang diraih oleh seseorang sangat ditentukan oleh privilege yang diberikan oleh orang tua mereka. Hal ini tentu saja kurang benar, jika setiap kesuksesan yang diraih seseorang dinilai berdasarkan privilege yang telah orang tua berikan. 

Sedikit banyak, apa yang telah orang tua berikan memang ada pengaruhnya terhadap kesuksesan, dan yang pastinya kita tidak bisa terlepas dari doa-doa yang selama ini orang tua kita panjatkan untuk kesuksesan anaknya.

Namun, kebanyakan orang justru berasumsi bahwa privilege yang paling berperan dalam kesuksesan hanyalah berbentuk materi. Asumsi tersebut terkesan bahwa semua orang yang sukses sudah memiliki harta yang banyak terlebih dahulu. 

Padahal nyatanya privilege sebenarnya tidak melulu tentang harta benda, dan berikut 5 privilege yang jarang disadari keberadaannya oleh banyak orang:

1. Kesempatan lahir ke dunia 

Terlahir ke dunia memang bukanlah pilihan kita. Bahkan kita tidak ditawarkan terlebih dahulu ingin terlahir menjadi siapa, lahir dimana, dengan orang tua yang bagaimana, dan di tempat serta suasana yang seperti apa. Namun, sadarkah kamu ada ribuan bayi yang meninggal setiap harinya bahkan sebelum sempat melihat indahnya dunia.

Meskipun hidup yang sedang kamu jalani tidak seindah yang kamu bayangkan di media sosial, namun percayalah Tuhan telah memberikan jalan terbaik untuk setiap hambanya. Bisa tertawa bahagia dan menjalani hari seperti biasa juga merupakan privilege yang telah Tuhan berikan. Jalani saja dan percaya bahwa Tuhan tidak akan salah memilihkan jalan terbaik untuk kamu

2. Kesehatan

Seperti yang disebutkan di atas, mungkin kamu akan berpikir, jika lebih baik menjadi bayi yang meninggal sebelum melihat dunia ini daripada harus menjalani beratnya kehidupan. No, kamu salah, bahkan udara yang kamu hirup dengan gratis saat ini juga merupakan sebuah privilege yang Tuhan berikan kepada kamu. Ada banyak sekali orang di luar sana yang tengah berjuang melawan ganasnya pandemi dan harus terpaksa bernapas melalui tabung oksigen yang belum tentu ketersediaannya. 

Jadi, kesehatan yang masih melekat di tubuh kamu saat ini harus selalu dijaga karena hal itu juga merupakan privilege dari Tuhan untuk kamu.

3. Pendidikan

Meskipun tidak sekeren yang kamu bayangkan, seperti mengeyam pendidikan di tempat-tempat favorit. Namun, kesempatan untuk dapat belajar saja sudah merupakan sebuah privilege yang diberikan kepada kamu. Ada banyak sekali anak-anak yang bahkan belum bisa baca tulis hanya karena kondisi lingkungannya yang belum mendukung untuk sekolah dan belajar. Oleh karena itu, manfaatkan privilege ini sebaik-baiknya dan jadilah sukses sesuai jalan yang telah kamu pilih.

4. Privasi lebih

Hal yang jarang disadari dari orang yang terbilang 'biasa' saja adalah adanya privasi lebih. Meski tampak sama sekali tidak begitu terasa. Namun, privasi yang kamu rasakan saat ini mungkin menjadi keinginan bagi mereka yang telah menjadi bintang top. Oleh sebab itu, privasi yang kamu miliki saat ini juga bisa menjadi privilege yang kamu miliki untuk menjalani hidup dengan lebih tenang.

5. Menjadi diri sendiri

Bebas menjadi diri sendiri, bukan berarti tidak mau mendengarkan saran dan masukan dari orang lain. Tetapi menjadi diri sendiri lebih ke bagaimana kita mengambil sebuah keputusan. Meskipun terkadang orang-orang di sekitar kita memberikan sedikit arahan, hal tersebut bukanlah sesuatu yang membuat kita tidak bisa menjadi diri sendiri. 

Tetaplah teguh pada pendirian yang telah kamu ambil, karena kebebasan kamu dalam menentukan jalan hidup juga merupakan sebuah privilege. Tetap dengarkan setiap saran dan masukan dari orang-orang disekitar dan sukses di jalan yang telah dipilih.

Itulah lima privilege yang jarang orang sadari keberadaannya. Meski hidup ini tidak seindah yang kamu bayangkan, percayalah bahwa kamu akan menemukan kejelasannya. Semoga kedepannya kita bisa menjadi lebih baik dalam menyikapi setiap keadaan yang terjadi dalam hidup ini. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak