alexametrics

Semarak Olimpiade Tokyo 2020, 5 Rekomendasi Anime Bertema Olahraga

Funcrev
Semarak Olimpiade Tokyo 2020, 5 Rekomendasi Anime Bertema Olahraga
Tangkapan layar anime Yowamushi Pedal. (YouTube: Madman Anime)

Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi diselenggarakan mulai dari 23 Juli lalu hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Pesta olahraga internasional ini sebenarnya dijadwalkan musim panas tahun lalu. Namun karena situasi pandemi yang belum cukup stabil di berbagai negara, event ini akhirnya diselenggarakan pada pertengahan tahun 2021.

Olimpiade ini di meriahkan oleh hampir seluruh negara di dunia. Sebagai tuan rumah, Jepang terbilang sukses menyiapkan event ini dengan sangat baik dan megah. Bagi kamu pecinta olahraga dan anime Jepang, semarak Olimpiade Tokyo 2020 ini juga bisa kamu meriahkan dengan menonton anime bertemakan olahraga. Tidak hanya sekadar hiburan anime bertemakan olahraga ini juga dapat membuat kamu lebih bersemangat untuk melakukan olahraga. Berikut daftarnya.

1. Haikyuu!!

Tangkapan layar trailer anime Haikyuu!!. (YouTube: Madman Anime)
Tangkapan layar trailer anime Haikyuu!!. (YouTube: Madman Anime)

Berkisah tentang seorang anak SMP bertubuh kecil bernama Shoyo Hinata yang menyukai bola voli dan membuat sebuah tim voli di sekolahnya. Namun sayang dari anggota tim, hanya Hinata saja yang terlihat cukup kompeten.

Dipenuhi oleh ambisi untuk mengalahkan Kageyama rivalnya semasa SMP. Hinata kemudian berjuang keras untuk dapat bergabung ke sebuah tim bola voli saat menginjak SMA. Ironisnya, Ia menyadari bahwa rival terbesarnya akan jadi rekan setimnya dan menciptakan teknik-teknik baru di lapangan.

2. Kuroko’s Basketball

Tangkapan layar trailer anime Kuroko’s Basketball. (YouTube: DOSKA)
Tangkapan layar trailer anime Kuroko’s Basketball. (YouTube: DOSKA)

Kuroko No Basuke bercerita tentang seorang pebasket bernama Kuroko yang memiliki keyakinan terhadap olahraga basket. Semasa SMP, Kuroko tergabung dalam tim basket di sekolahnya, yaitu Teiko Middle School Basketball Team. Tim ini telah memenangkan kejuaraan basket selama 3 musim berturut-turut. Setelah lulus SMP, Ia kemudian mendaftar di SMA Seirin dan berjuang menjadikan tim basketnya menjadi terbaik di Jepang.

3. Ace of Diamond

Tangkapan layar anime Ace of Diamond. (YouTube: Elfeuh)
Tangkapan layar anime Ace of Diamond. (YouTube: Elfeuh)

Sebuah anime tentang olahraga baseball yang berfokus pada tokoh Eijun Sawamura, seorang pelempar bola dengan gaya unik yang menarik perhatian SMA Seidou. Setelah ditawari beasiswa, Eijun akhirnya menerimanya dan bergabung ke tim baseball sekolah. Ia berusaha keras untuk membuktikan diri di lapangan dan membawa timnya menjadi yang terbaik di Jepang.

4. Free! Eternal Summer

Tangkapan layar anime Free! Eternal Summer. (YouTube: All the Anime)
Tangkapan layar anime Free! Eternal Summer. (YouTube: All the Anime)

Anime bertemakan olahraga kali ini berasal dari cabang olahraga renang. Anime ini bercerita tentang Klub Renang “Iwatobi” yang merupakan klub renang sekolah SD dengan penampilan yang bagus di banyak kompetisi. 

Saat mereka reuni di usia remaja, mereka menyadari banyak hal telah berubah, adapula Rin yang sekarang menjadi siswa di sebuah akademi dengan tim renang yang prestisius, dan sikapnya tak seperti dulu lagi. Dari situ anggota tim Haruka Nanase, Makoto Tachibana, dan Rin Matsuoka akhirnya berada di ambang batas untuk membuat keputusan penting terhadap masa depan mereka di klub tersebut. 

5. Yowamushi Pedal: Grande Road

Tangkapan layar anime Yowamushi Pedal. (YouTube: Madman Anime)
Tangkapan layar anime Yowamushi Pedal. (YouTube: Madman Anime)

Berasal dari cabang olahraga balap sepeda, anime yang satu ini banyak digemari oleh para pecinta anime karena tingkah konyol dan kegigihan tokoh utama, Sakamichi Onoda. Sebagai orang yang baru saja masuk SMA, Sakamichi Onoda terbilang sangat gigih dalam mendalami olahraga bersepeda. Tidak hanya sekadar olahraga anime bersepeda ini juga banyak mengandung motivasi, perjuangan, hasrat, dan rasa sakit hati yang kemudian memacu tokoh utama untuk berjuang lebih keras.

Itulah urutan film anime bergenre olahraga terbaik yang banyak mendapatkan respon positif dari para penggemar anime. Sembari merasakan ketegangan di area bertanding Olimpiade Tokyo 2020, kamu juga bisa merasakan keseruan bertanding di anime-anime di atas. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak