alexametrics

Wajib Tahu, 3 Tips Mengatasi Stres saat Pandemi

Filsa
Wajib Tahu, 3 Tips Mengatasi Stres saat Pandemi
Ilustrasi stres (Pixabay).

Stres merupakan hal yang sering dialami manusia, terutama saat menghadapi suatu masalah. Stres dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, contohnya saat pandemi Covid-19.

Beberapa kasus yang berkaitan dengan stres baru-baru ini yakni sering mendengar berita atau siaran orang meninggal dunia. Selain itu, mayoritas masyarakat juga seringkali mengeluhkan beritaterkait angka statistik kasus positif Covid-19.

Oleh karena itu, stres saat pandemi ini harus dihilangkan. Pasalnya, berdasarkan beberapa riset ilmuwan, faktor utama penyebab menurunnya imunitas tubuh adalah stres atau kepanikan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan dan mengatasi stres saat pandemi Covid-19.

1. Mengubah pola pikir dari negative thinking menjadi positive thinking.

Saat mengalami stres, pola pikir kita tidak karuan atau seringkali memikirkan hal yang negatif. Tentunya pola pikir seperti ini harus diubah, karena dapat berpengaruh terhadap gaya hidup kita. Dengan mengubah pola pikiran dari negative thinking menjadi positive thinking, kita dapat membangun optimisme dalam menghadapi pandemi.

Hal itu bisa dilakukan lewat berbagai cara, seperti melakukan hal produktif setiap hari, membayangkan bahwa pandemi segera usai dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan mematuhi kebijakan yang berlaku.

2. Menyaring segala informasi agar terhindar dari hoaks

Tips ini sangat penting untuk menciptakan budaya literasi yang cerdas. Pasalnya, pandemi ini banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita yang tidak benar. Contoh cara mengetahui validitas berita seperti:

  •  Menghindari judul yang kiranya provokatif.
  • Mencermati alamat sumber situs.
  • Memeriksa dengan fakta di lapangan.

3. Selalu cari dukungan dengan keluarga maupun sahabat dekat

Salah satu penghilang stres adalah mencari dukungan yang positif dari orang-orang terdekat. Hal ini bisa dilakukan ketika anda sedang dalam tekanan yang tak menentu akibat pandemi Covid-19.

Dukungan positif itulah yang akan mengubah dan menghilangkan hal negatif dalam diri kita. Di era digitalisasi seperti ini, anda bisa memanfaatkan teknologi untuk komunikasi apabila tidak bisa bertemu langsung.

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan dan mengatasi stres saat menghadapi situasi pandemi Covid-19. Tetap jaga kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan. Tetap selalu optimis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak