alexametrics

5 Acara Olahraga Terbesar di Dunia

Billie
5 Acara Olahraga Terbesar di Dunia
Ilustrasi penonton pertandingan olahraga. (Unsplash/Stefan Lehner)

Semua orang pasti pernah berolahraga di hidupnya. Entah itu bulutangkis, sepak bola, ataupun basket menjadi beberapa dari banyaknya cabang olahraga yang sering dimainkan oleh masyarakat.

Di Indonesia sendiri masyarakat sangat antusias terhadap olahraga sepak bola sampai-sampai ABC News pernah membuat video yang berjudulkan “Inside’s the world’s most dangerous football league”.

Video tersebut menunjukkan betapa pentingnya sepak bola sebagai olahraga bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi, kita tidak akan membahas tentang olahraganya yang ada di Indonesia melainkan keantusiasan masyarakat terhadap acara olahraga terbesar di dunia.

Tingginya ketertarikan dan minat masyarakat dalam dunia olahraga membuat setiap penyelenggaraan acara olahraga selalu mendapat perhatian besar. Setiap orang mempunyai olahraga favorit yang selalu ditunggu-tunggu permainannya, seperti sepak bola, tenis ataupun basket.

Antusias tinggi membuat persaingan yang ketat di setiap cabang olahraga sehingga  mendapatkan penghasilan besar membuat beberapa acara olahraga di kategorikan menjadi yang terbesar dan paling banyak di lihat.

5 acara olahraga berikut merupakan acara olahraga yang paling terbesar di dunia selain Olympic dan World Cup:

1. NBA Finals

Dalam hal final olahraga, beberapa negara membuat panggung besar seperti olahraga Amerika, dan Final NBA tidak terkecuali. Seri final, yang umumnya terdiri dari 4 hingga 7 pertandingan antara dua tim bola basket teratas dari musim reguler, adalah salah satu slot iklan TV yang paling menguntungkan, dari tahun ke tahun.

Marketplace melaporkan bahwa pada tahun 2016, bisnis dan merek membayar lebih dari $600.000 per 30 detik iklan selama penayangan seri final. Time melaporkan bahwa Game 7 dari seri 2016 menarik pemirsa 29 juta, sedangkan seri membawa total 155 juta pemirsa.

Mereka selanjutnya melaporkan bahwa setiap game dari seri terakhir bernilai $80 juta dalam pendapatan iklan, sehingga total untuk seri 2016 menjadi $560 juta. 

2. Tour De France

Terlepas dari bayang-bayang panjang skandal doping Lance Armstrong dan pengupasan tujuh gelarnya, Tour De France sebagai acara olahraga terus berkembang. Peringkat televisi sangat besar – 3,5 miliar pemirsa di 190 negara dan wilayah – menurut The National, Sementara pendapatan TV rata-rata turnamen sebesar €24 juta lebih rendah dari acara terbesar, 15 juta penonton yang menonton balapan secara langsung mengalahkan olahraga lainnya.

Peristiwa di dunia. Apalagi, pendapatan yang dihasilkan oleh jumlah penonton yang luar biasa itu tentu saja mengisi celah yang ditinggalkan oleh pendapatan televisi yang tidak seberapa. Ambil Grand Depart pada hari pertama tur, misalnya.

Pada tahun 2014, di Grand Depart di Yorkshire, Inggris, lima juta teh celup dan 60.000 kantong permen dibeli oleh penonton. Lipat gandakan angka itu selama periode tiga minggu balapan dan Anda mendapatkan jumlah pendapatan yang besar pada akhirnya.

3. Wimbledon

Puncak tenis, di mana legenda dibuat dan momen olahraga bersejarah diciptakan. Wimbledon adalah salah satu acara paling ikonik dan terkenal di dunia olahraga. Dari permukaan hijau yang sempurna dan kerumunan selebriti hingga pakaian olahraga wajib berwarna putih dan Henman Hill, Wimbledon adalah acara yang luar biasa.

Tenggelam dalam sejarah dan tradisi sejak didirikan pada tahun 1877, Wimbledon adalah salah satu acara olahraga terbesar di dunia. Acara 2016 adalah yang terbesar dalam catatan, menjangkau penonton 1 milyar orang di 200 negara dan wilayah, menurut Wimbledon.

Kejuaraan menghasilkan hanya di bawah £40 juta dengan alasan All England Club itu sendiri, sementara secara keseluruhan, Wimbledon menghasilkan lebih dari £150 juta ketika pendapatan TV disertakan.

4. Super Bowl

Datang di tempat kedua adalah acara terbesar di kalender NFL, Super Bowl. Banyak yang mungkin terkejut dengan peringkat ini mengingat jumlah liputan massal yang diterima acara tersebut setiap tahun, tetapi yakinlah bahwa itu telah diunggulkan ke posisi teratas oleh kompetisi kolosal.

Super Bowl itu sendiri adalah pertandingan kejuaraan terakhir musim NFL, dan dalam pertunjukan tahun 2017, itu menarik rata-rata 111,3 juta pemirsa selama pertandingan dan $ 2 miliar dalam pendapatan hak siar, menurut Reuters.

Luar biasa, pertunjukan paruh waktu Lady Gaga menarik perhatian 117,5 juta pemirsa yang merupakan lonjakan pemirsa tertinggi kedua, hanya lebih baik oleh 117,7 juta yang menonton lembur.

5. UEFA Champions League

UEFA Champions League adalah turnamen sepak bola klub terbaik di dunia. Champions League menyatukan liga-liga top di Eropa, mengadu juara melawan juara untuk melihat siapa tim sepakbola terbesar di benua itu.

Turnamen ini berlangsung selama 9 bulan berkoordinasi dengan liga domestik Eropa. Menurut Vocativ, final Champions League menarik pemirsa TV hampir 400 juta orang setiap tahun, dengan pemirsa menonton dari 200 negara dan wilayah (itu pada dasarnya setiap tempat di bumi).

Hak siar dikenakan biaya premium untuk acara tersebut, dengan total biaya $1,85 miliar yang dikumpulkan pada final tahun 2016.

5 daftar tersebut merupakan 5 ajang olahraga terbesar yang terdapat di dunia. Semoga tulisan ini dapat membuat Anda paham akan besarnya dampak 5 ajang olahraga tersebut bagi masyarakat di seluruh dunia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak