alexametrics

Persahabatan Mulai Renggang, Coba Lakukan 4 Tips Berikut

Funcrev
Persahabatan Mulai Renggang, Coba Lakukan 4 Tips Berikut
Ilustrasi persahabatan yang sedang renggang. (Pixabay)

Apakah kamu pernah mengalami pertengkaran dengan sahabat terdekat? Pertengkaran atau perselisihan dalam persahabatan memang sudah biasa terjadi. Baik disengaja maupun tidak, permasalahan tersebut dapat membuat hubungan dengan teman dekat atau sahabat menjadi renggang, canggung, bahkan menciptakan suasana tidak menyenangkan.

Ketiadaan seorang sahabat dapat menimbulkan ruang kosong di hati dan menyebabkan kerinduan, namun terkadang seseorang merasa gengsi untuk mengutarakannya. Oleh karena itu, sudah saatnya kamu mulai mengambil langkah untuk kembali memperbaiki hubungan dengan sahabat yang mulai renggang, dengan beberapa tips berikut.

1. Jangan gengsi untuk menghubungi terlebih dahulu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal yang membuat masalah persahabatan berlangsung lama, biasanya adalah karena adanya rasa gengsi untuk menghubungi terlebih dahulu. Buang semua egomu, dan mulailah bertindak secara nyata. Menunggu untuk dihubungi terlebih dahulu adalah hal yang tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi. Jadi, segeralah ambil langkah awal, segera hubungi sahabatmu. Bisa jadi ia juga sedang menunggu kabar darimu.

2. Jujur

Kunci dalam segala hubungan adalah kejujuran. Cobalah untuk mulai saling jujur dengan perasaan dan ketidaknyamanan yang kalian rasakan. Menutupi-nutupi perasaan karena rasa gengsi justru akan menjatuhkan hubungan persahabatan ke dalam jurang permasalahan yang lebih dalam.

Dimulai dari kejujuran, biasanya kalian akan menemukan akar masalah yang selama ini tak pernah dibahas secara gamblang. Tidak hanya itu, jujur dengan apa yang kalian rasakan dapat membantu sahabat untuk memahami apa yang sebenarnya perlu diperbaiki dan mencari solusi yang tepat bersama-sama.

3. Hargai apa yang telah dilalui bersama

Setiap hubungan persahabatan, pastinya telah mengalami banyak kejadian bersama, baik suka maupun duka. Untuk memperbaiki persahabatan yang mulai renggang, cobalah untuk memulai pembicaraan dengan mengingat kejadian hebat yang pernah terjadi di masa lalu. Ingat apa yang selama ini telah dilakukan bersama, bagaimana rasa saling mengisi dan menemani satu sama lain, dapat membuat persahabatan kembali terbangun dan kembali membaik.

4. Jangan terbawa emosi

Berkomunikasi saat hubungan renggang memang tak mudah. Apalagi, kejujuran yang diutarakan belum tentu dapat diterima begitu saja. Terkadang, dalam proses memperbaikinya, kalian akan berdebat, namun pastikan untuk tidak terbawa emosi. Dengan begitu, obrolan akan lebih jelas bukan justru menambah pertengkaran baru karena emosi yang tak terkendali.

Itulah beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk memperbaiki persahabatan yang mulai renggang, dan ingatlah selalu bahwa kunci dalam persahabatan adalah kejujuran dan rasa saling peduli satu sama lain. Dengan hal tersebut, kalian akan merasa berat untuk melepaskan persahabatan yang sudah terbangun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak