alexametrics

Mengenal Teknik Brain Dump, Membantu Mengurangi Overthinking

Pekik
Mengenal Teknik Brain Dump, Membantu Mengurangi Overthinking
Ilustrasi menulis (unsplash)

Otak kita bekerja selama 24 jam nonstop. Oleh sebab itu, banyak sekali pikiran yang melintas di kepala. Menurut penelitian, otaknya orang dewasa mampu menampung sebanyak 70.000 macam pikiran hanya dalam waktu satu hari.

Puluhan ribu jenis pikiran tersebut bisa muncul karena kita sengaja menyadarinya atau tanpa kita sadari. Oleh sebab itu, terkadang kita mudah jatuh dalam kekhawatiran yang berlebihan, sehingga terciptalah overthinking.

Jangan khawatir, meskipun kita gampang terjebak dalam overthinking, bukan berarti sulit diatasi. Salah satu cara mengatasi overthinking adalah dengan menggunakan tehnik Brain Dump. Tehnik ini adalah proses mengeluarkan atau memindahkan apa saja yang berada dalam kepala kita ke media lain dalam bentuk tulisan.

Brain Dump mampu mengurangi dan mengurai masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Sehingga kita dapat mengelola pikiran dengan baik. Jadi, ketika kita tertimpa peristiwa hidup yang mendatangkan masalah kita dapat fokus untuk mencari jalan keluarnya. 

Mengutip dari  psychcentral.com, Brain Dump terdiri dari dua macam teknik, yakni The Basic Brain Dump dan The Four Square Brain Dump. Berikut di bawah ini penjelasan tentang tehnik brain dump yang bisa kita coba:

1. The Basic Brain Dump

Siapkan alat-alat yang menjadi media untuk menulis. Bisa laptop, notebook, dan smartphone. Atau bisa juga menggunakan media tulis manual seperti buku atau kertas kosong dan pena. Lalu, mulailah menuliskan apa saja yang ada dalam pikiran.

Kerjakan aktifitas menulis ke dalam sebuah media ini setiap bangun tidur atau saat akan tidur. Lakukan aktifitas ini secara rutin dan disiplin sampai menjadi sebuah kebiasaan. Inilah yang disebut tehnik Basic Brain Dump.

2. The Four Square Brain Dump

Tehnik brain dump yang kedua ini terdiri dari 4 kategori. Mereka adalah Thought, To do, Gratitude dan Top 3 Priorities.

Cara membuatnya adalah dengan membuat garis horizontal dan vertikal di tengah-tengah kertas. Sehingga akan tergambar simbol plus ( + ) yang membentuk 4 bagian.

Lalu, mulailah menulis pada masing-masing bagian sesuai kategori. Berikut di bawah penjelasan tentang masing-masing kategori dari teknik The Four Square Brain Dump:

Thoughts: Tuliskan semua pikiran yang muncul secara acak tanpa perlu memikirkannya terlalu keras. Jadi, tulis saja apa saja yang ada dalam kepala dengan spontan

To Do: Tulis pikiran yang berhubungan dengan apa yang harus dikerjakan atau diselesaikan

•Gratitude: Tulis segala hal yang patut disyukuri. Banyak dan mudah sekali untuk mencari jalannya syukur.

Top 3 Priorities: Lihat kembali pada bagian To Do lalu pilih 3 hal yang menjadi prioritas untuk lebih dulu diselesaikan.

Dengan teknik Brain Dump ini, kita akan memperoleh kesegaran dan kejernihan otak. Karena kita dapat memetakan dan membuat kategori segala masalah yang sedang kita hadapi.

Dengan demikian, persoalan hidup yang bermasalah dapat kita pahami, sehingga kita mudah untuk mencari solusi. Meskipun kita butuh waktu untuk mencari jalan keluar dari setiap masalah, setidaknya setelah melakulan tehnik Brain Dump kita bisa hidup lebih tenang. Selama mencoba dan semoga bermanfaat

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak