facebook

5 Tips Supaya Kamu Gak Dibilang Menyebalkan dan Jadi Disukai Banyak Orang

Riva Khodijah
5 Tips Supaya Kamu Gak Dibilang Menyebalkan dan Jadi Disukai Banyak Orang
Ilustrasi berteman (pexels.com/Kampus Production)

Mungkin di antara kamu pernah menemukan teman atau keluarga yang sikapnya menyebalkan sekali. Tentu, kamu jadi gak mau dekat-dekat dengannya, kan?

Nah, jangan sampai, orang menyebalkan itu malah kamu sendiri. Coba tips berikut ini, agar kamu disukai banyak orang dan gak dicap nyebelin. Ini dia kiatnya!

1. Jaga kesopanan

Dengan siapa pun, tanpa pandang bulu, mau dia statusnya pejabat tinggi atau karyawan di level bawah, selalu jaga kesopanan. Termasuk saat berpapasan dengan orang asing.

Ini menunjukkan kualitas dirimu yang punya manner. Percuma kamu orang kaya, penampilan wah dan elegan, tapi memperlakukan orang dengan kasar. Hal itu malah merusak citra dirimu, lho!

2. Jangan sok tahu

Ya, mungkin kamu termasuk orang pintar dan berwawasan. Dan sejauh ini, pendapatmu itu selalu benar. Akan tetapi, hal tersebut sama sekali enggak membenarkan sikap yang sok tahu. Merasa kalau kamu bisa menjawab apa pun dengan tepat, sehingga gak memedulikan pendapat orang lain. Itu sangat menyebalkan!

3. Beri giliran orang lain bicara

Jangan selalu mendominasi percakapan, apalagi jika tema yang dibicarakan melulu tentangmu. Orang bosan, tahu!

Yang lain pun perlu didengarkan dan mendapat giliran bicara. Jika kamu egois, ingin selalu didengarkan orang lain, bahkan sampai memotong lawan bicara, lama-lama kamu bisa dikucilkan.

4. Berhenti memandang HP-mu

Kalau ada orang sedang bicara, hormati mereka. Jangan malah memandang HP. Itu bukti nyata kalau kamu tuh gak sopan dan gak bisa menghargai orang lain. Coba, kalau posisinya dibalik. Saat kamu bicara, audiens malah sibuk lihat HP. Bakal sakit hati, kan?

5. Jaga kebersihan diri

Ya, ini kerap diabaikan, meski sangatlah penting. Sebal, tahu, ketika kamu ngobrol, terus ternyata lawan bicaramu bau mulut atau bau badan. Makanya, kamu perlu menjaga kebersihan diri. Gak perlu harum, yang penting jangan sampai bau.

Lakukan langkah-langkah di atas, supaya kamu disenangi banyak orang, dan gak dibilang menyebalkan. Dengan begitu, hubungan interpersonalmu akan baik. Gimana, berani coba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak