alexametrics

Jauhkan Benda-benda Ini Jika Tidak Ingin WiFi Di Rumahmu Buffering

Filsa
Jauhkan Benda-benda Ini Jika Tidak Ingin WiFi Di Rumahmu Buffering
Ilustrasi Jaringan Wifi. (Pixabay)

Buffering atau biasa disebut juga dengan jaringan koneksi internet yang lamban adalah suatu yang sangat menyebalkan bagi kita. Apalagi ketika kita sedang membutuhkan koneksi internet untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan jadi terhalang karena Buffering.

Hal ini bisa terjadi karena adanya masalah pada router WiFi yang bermasalah ataupun karena cuaca. Namun, tahukah kamu bahwa tak hanya masalah internal pada router WiFinya saja yang bisa menggangu lajunya sinyal, tetapi juga terdapat benda-benda yang dapat mengganggu akses WiFi menjadi lemot. Apa sajakah itu?

1. Dinding

Mungkin agak mengherankan ketika benda yang satu ini menjadi masalah utama yang mengakibatkan WiFi lemot. Walaupun router WiFi kamu pasang di dinding tetapi jika posisi kamu menggunakan internet berjauhan dengan area WiFi dan terhalang oleh dinding itu akan menjadi masalah utama kecepatan internetmu menjadi lamban. Sebaiknya, taruhlah router WiFi di tempat yang lebih terbuka dan nyaman untuk kamu gunakan dan mudah untuk dijangkau.

2. Benda logam

Logam adalah benda yang mampu menyerap energi listrik. Sedangkan WiFi memancarkan gelombang elektromagnetik untuk menjadi kecepatan internet berjalan stabil. Sehingga jika WiFi di rumahmu berdekatan dengan benda jenis logam maka yang terjadi adalah logam tersebut akan menghalangi gelombang elektromagnetik yang dipancarkannya sehingga mengakibatkan internet tidak berjalan dengan baik.

3. Mesin cuci

Siapa sangka jika mesin cuci dapat mengakibatkan koneksi internet pada WiFi berjalan lamban. Peralatan listrik yang komponennya terdapat pipa air mengalir dapat memengaruhi sinyal WiFi Buffering. Tanpa disadari air tersebut akan menyerap gelombang koneksi yang mengakibatkan jaringan WiFi terganggu.

4. Microwave

Benda yang dapat mengganggu kecepatan koneksi WiFi selanjutnya adalah microwave. Microwave memiliki frekuensi sebesar 2,4 GHz yang tidak beda jauh dengan frekuensi WiFi. Jika jarak microwave dengan router WiFi berdekatan maka akan ada Adi frekuensi yang bisa menyebabkan kecepatan internetmu menjadi lebih lamban.

5. Kaca cermin

Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh WiFi jika berdekatan dengan kaca cermin juga dapat menyebabkan WiFi Buffering. Gelombang elektromagnetik tersebut akan menimbulkan efek pantul terhadap kaca cermin sehingga kecepatan internet pun tidak stabil.

Itulah beberapa benda-benda yang harus dijauhkan dari area WiFi agar tidak menggangu stabilitas koneksi internet.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak