facebook

Penting untuk Karier! Berikut 5 Tips Mengasah Otak Berpikir Kreatif

Funcrev
Penting untuk Karier! Berikut 5 Tips Mengasah Otak Berpikir Kreatif
Ilustrasi pencarian ide kreatif. [Unsplash/Ben Eaton]

Saat ini, hampir semua pekerjaan menuntut para pekerjanya untuk lebih kreatif dan mampu menyampaikan ide segar, agar tidak mudah tertinggal. Berpikir kreatif juga akan membantu kita untuk mampu menyelesaikan masalah bukan hanya tepat, tetapi juga dengan cara yang lebih akurat dan sederhana. 

Namun, kenyataannya untuk mendapatkan sebuah ide kreatif bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang justru merasa lebih kesulitan dalam mendapatkan ide kreatifnya, dibandingkan ketika sedang mengerjakannya. Ide kreatif cenderung sukar didapat karena terkadang, kita cenderung menginginkan sesuatu yang benar-benar baru. Padahal ide kreatif akan lebih menarik jika merubah sesuatu yang telah lama ada, menjadi lebih baru dan memiliki nilai keunikan tersendiri.

Oleh karena itu, jika kamu masih sering merasa kesulitan menemukan sebuah ide baru, coba asah kemampuanmu berpikir kreatif kamu dengan beberapa cara berikut ini!

1. Mencari referensi

Akan lebih sulit memang jika menginginkan ide kreatif, namun tanpa dibekali dengan sebuah referensi. Menemukan referensi yang cocok dengan apa yang sedang kita pikirkan merupakan salah satu cara yang paling umum dan mudah dilakukan untuk mengasah pola pikir menjadi lebih kreatif.

Ini karena pengetahuan yang kamu dapat dengan menganalisa dan mengamati berbagai referensi, bisa kamu dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat ide. Untuk mencari referensi tentu saja sudah tidak lagi terlalu menyulitkan. Hanya dengan mengetikkan saja gambaran ide yang diinginkan di kolom pencarian, maka kamu akan dapatkan begitu banyak referensi di sana.

2. Mencari ide dengan pergi ke berbagai tempat

Jika referensi dari internet saja belum cukup untuk membuat ide kreatif kamu menjadi lebih utuh, kamu dapat pergi ke berbagai tempat yang memungkinkan untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

Misalnya untuk mendapatkan ide kreatif terkait seni, kamu dapat mengunjungi pameran-pameran atau museum, dan sebagainya. Pergilah ke tempat-tempat yang relevan dengan ide yang sudah ada di kepala kamu. Dengan pergi ke tempat baru, kamu juga bisa melihat berbagai hal dengan sudut pandang yang berbeda.

3. Mencari teman diskusi untuk mengembangkan ide kreatif

Masukan dari orang lain memang sangat penting dalam pengembangan ide kreatif. Bagaimana tidak, semakin banyak masukan yang diterima maka akan semakin jelas ke mana arah ide tersebut akan tercipta. Alih-alih mencari ide baru yang masih segar sendirian dan berakhir pada stres, cobalah ajak temanmu berdiskusi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan masukan dan kritik yang membangun. 

4. Belajar tentang metafora

Kadar kreativitasmu juga dapat meningkat jika kamu mampu belajar menerapkan metafora atau pengandaian dan perbandingan terhadap dua subjek. Dengan melakukannya, dijamin kamu akan menjadi lancar berpikir kreatif, karena memiliki banyak perbandingan dan kemungkinan-kemungkinan yang dapat kamu pertimbangan untuk mendapatkan ide yang lebih baik. 

5. Lakukan metode amati, tiru, dan modifikasi

Seperti yang disebutkan di atas, menciptakan sesuatu yang benar-benar baru memanglah terbilang lebih sulit dibandingkan dengan merubah yang telah ada menjadi lebih baik. Dengan metode ini kamu hanya perlu menyiapkan apa saja yang perlu diperbaiki ataupun ditambah agar sesuatu tersebut menjadi lebih baik. 

Itulah tadi beberapa cara ampuh untuk mengasah otak agar dapat berpikir lebih kreatif. Kamu juga dapat menggunakan cara versi kamu sendiri untuk mendapatkan ide-ide luar biasa yang pastinya akan lebih bermanfaat kedepannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak