facebook

3 Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Verbal yang Kamu Miliki

Zidan
3 Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Verbal yang Kamu Miliki
Ilustrasi membaca. (pexels/George Milton)

Cara berpikir verbal adalah sesuatu yang sangat penting untuk digunakan dalam berbagai hal. Hal ini merupakan sesuatu yag paling umum digunakan. Meski kita memiliki sejumlah kecerdasan termasuk kecerdasan numerical, musikal, spasial, dan lain sebagainya, namun kecerdasan verballah yang paling banyak kita andalkan.

Bisa dibilang bahwa kemampuan verbal adalah kemampuan dalam menggunakan dan memahami kata-kata. Banyak hal yang bergantung pada penggunaan bahasa yang kita gunakan. Hal ini karena ide yang kita miliki itu bergantung pada bagaimana kita mengekspresikannya dengan bahasa yang kita miliki. Beberapa tips berikut mungkin bisa meningkatkan kemampuan berpikir verbal kamu. Simak ulasannya!

1. Gunakan kamus dan thesaurus

Kamus dan thesaurus adalah dua benda yang harus kamu punyai setiap saat. Kamu bisa memiliki kedua benda ini dalam bentuk fisik ataupun bisa juga dalam bentuk aplikasi mobile phone. Fungsi benda ini tak lain adalah untuk memudahkanmu dalam memahami kata-kata baru yang kamu temukan.

Gunakan kamus untuk menemukan makna dan turunan dari kata-kata baru yang kamu jumpai. Dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan aplikasi KBBI V (Kamus besar bahasa Indonesia Versi V) dari kemendikbud.

Adapun thesaurus dapat kamu gunakan dalam memahami pengertian kata-kata yang kamu temukan. Kamu juga bisa menggunakan benda yang satu ini untuk mencari kata-kata alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mengindari pengulangan dalam menulis suatu kalimat.

2. Rajin membaca

Mungkin akan terdengar aneh kalau saya menyarankan kamu untuk rajin membaca saat sementara kamu membaca artikel ini. Di dunia digital saat ini, dimana hampir semua sarana hiburan disajikan secara visual, membaca buku dan artikel sudah mulai ditinggalkan. Orang-orang lebih memilih menyerap informasi dari sumber visual dan audio guna mengefisienkan waktu dibanding dengan membaca buku atau artikel yang bisa dibilang sangat membuang waktu.

Padahal membaca buku atau artikel atau sumber tulisan lainnya bisa sangat berpengaruh pada kemmampuan berpikir verbal yang kamu miliki. Membaca akan membantu anda pada dua hal, yaitu meningkatkan pemahaman pada konsep  dan membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan baru, yang kedua yaitu tentu saja bisa menambahkan kosa kata baru dan ekspresi dalam diri kamu.

Bila kamu memiliki teman yang suka membaca, luangkan waktu untuk berdiskusi dengannya mengenai apa yang kalian baca. Atau salaing membantulah dalam mengartikan buku yang kalian baca. Dengan demikian kalian akan bisa menemukan banyak pengetahuan dan kosa kata baru yang tentu ini berdampak pada tumbuhnya kemampuan berpikir verbal yang kamu miliki.

3. Bermain dengan kata-kata

Anak-anak mulai mempelajari bahasa dengan bermain kata-kata dengan menguji, bereksperimen, dan membuat banyak kesalahn yang kemudian dikoreksi. Kita harus bersikap sama saat kita menemukan sebuah kata baru yang belum kita terlalu pahami.

Salah satu permainan kata yang harus kamu coba adalah anagram. Permainan ini dimainkan dengan menyusu Kembali sebuah kata dengan menggunakan huruf yang sama menjadi sebuah kata baru. Kamu juga bisa bermain kata lainnya dengan menggunakan permainan dengan mencari kata.

Kamu bisa Latihan dengan metode ini dengan menggunakan permainan pada ponsel pintar yang kamu miliki, lho. Cobalah sesekali untuk mengunduh gim berupa anagram, scrabble, atau bahkan criminal case untuk bermain sambal berlatih menemukan kata-kata abru yang belum kamu pahami.

Itulah beberapa cara dalam mengembangkan kemampuan verbal yang kamu miliki. Begitu pentingnya kemampuan verbal hingga kamu harus sering melatihnya. Sering-seringlah menggunakan tips di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, siap untuk berlatih?!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak