alexametrics

Ada Kualitas, Ada Harga! Ini 5 Kerugian Membeli Buku Bajakan

Rizky Melinda
Ada Kualitas, Ada Harga! Ini 5 Kerugian Membeli Buku Bajakan
Ilustrasi buku-buku. (pexels.com)

Dulu aku sempat khilaf beli buku bajakan karena tergoda dengan harganya yang murah. Rata-rata buku bajakan lebih murah 5 kali dari harga asli. 100r ribu bisa dapat 5 buku. 1 buku hanya sekitar 20 ribu saja.

Awalnya senang karena dengan uang 20 ribu sudah bisa beli novel, tapi percayalah, rasa senang tersebut hanya akan betahan sementara. Beberapa hal menyebalkan jika kalian tetap nekat membeli buku bajakan antara lain:

1. Cover buku tidak glowing

Salah satu hal paling mendasar yang membedakan buku asli dan buku bajakan adalah cover-nya. Cover buku asli ketika diamati akan terlihat mulus, glowing, dan tebal.

Buku bajakan memakai cover dari kertas biasa dan permukaannya datar. Tidak ada efek timbul pada judul tulisan, benar-benar seperti kertas yang di-print biasa.

2. Jilid yang tidak rapi

Saat sedang asik membaca, tiba-tiba ada halaman buku yang lepas atau bahkan hilang. Buku bajakan sangat tidak worth it dalam hal pen-jilid-an.

Lem yang digunakan adalah lem dengan kualitas buruk, karena memang tujuan buku bajakan adalah mencari keuntungan instan tanpa memperhatikan kualitas.

3. Punggung buku tidak rapi

Konsekuensi dari jilid yang tidak rapi adalah punggung buku menjadi tidak rapi dan terkesan berkerut-kerut. Hal ini akan membuat buku bajakan menjadi tidak pas ketika di pajang di rak buku.

Bukannya menambah estetika rak buku, yang ada malah merusaknya. Padahal salah satu hal yang penting bagi pencinta buku adalah mengoleksi buku dan memajangnya di rak buku.

4. Tulisan buram

Seperti telah disebutkan pada poin 2, buku bajakan sangat tidak memperhatikan kualitas. Tulisan pada buku bajakan sangat tidak jelas karena dan buram, sehingga pengalaman membaca akan menjadi tidak menyenangkan karena terganggu dengan tinta yang tidak merata.

5. Tidak ada pembatas buku

Meskipun tidak semua buku menyediakan pembatas buku, namun sebagian besar penerbit terutama penerbit novel menyediakannya. Pembatas buku adalah salah satu hal yang cukup krusial bagi para pencinta buku. Buku bajakan sudah dipastikan tidak menyediakan pembatas buku.

Jangan membeli buku bajakan lagi. Jika sedang berburu buku di market place online, jangan tergoda dengan harga yang berbeda sangat jauh dari harga normal, karena bisa dipastikan buku tersebut adalah buku bajakan. 

Salam literasi, stop beli buku bajakan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak