alexametrics

Saat Nganggur di Kantor, 3 Hal Ini Dapat Dilakukan Selain Main HP

Budi
Saat Nganggur di Kantor, 3 Hal Ini Dapat Dilakukan Selain Main HP
Ilustrasi Ruang Kantor. (Pixabay)

Kondisi pandemi sekarang, pembatasan sosial melalui kontak fisik secara langsung amatlah sangat dibatasi. Wabah Covid-19 yang tak pernah minggat di negeri ini, telah banyak mempengaruhi bidang pekerjaan terutama kerja kantoran dengan menerapkan sistem Work From Home (WFH).

Maka dengan itu, kebijakan pemerintah pun sampai hari ini masih menghimbau agar dapat menjaga kapasitas ruangan supaya tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun kendati demikian, maka terjadilah proses kerja sip-sip para pegawai kantor agar dapat menyeimbangi dengan bekerja di kantor dan bekerja di rumah secara daring.

Dalam pengalaman saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor KPU Majene, saya menyaksikan para pegawai hanya 2 sampai 3 kali masuk dalam seminggu karena telah diatur jadwal sip-sipnya. Selain itu, tempat saya PKL para pegawainya terlihat bersantai-santai saat datang di kantor, mengingat kantor KPU Majene memang tidak berada pada musim pemilu.

Itulah sebabnya, mengapa hari ini di kantor KPU Majene para pagawainya terlihat santai-santai dan kek ada kerjaan selama dalam satu hari itu berada di kantor. Seakan terjadi hanya secara formalitas semata, isi absen lalu dibumbuhi dengan minum kopi, tidak lama berselang balik pulang jika memang sudah isi absen sore.

Dengan demikian, di tengah ketidakadaan pekerjaan di kantor, alias pegawainya terlihat santai-santai termasuk saya pribadi sebagai anak PKL sangat merasakan hal itu. Nah, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat kondisi seperti itu melanda selain main HP, diantaranya:

1. Membaca Koran

Membaca koran sangat efektif dan produktif untuk dilakukan ketika berada di kantor yang jika memang tidak ada kerjaan kantor. Saat membaca koran jelas dapat menambah imun pengetahuan sembari menjaga ritme literasi Indonesia agar terus meningkat. Melalui membaca termasuk membaca koran, tentu dapat mendongkrak kebiasaan para pegawai supaya tidak datang hanya untuk minum kopi atau main HP saja, walaupun itu tidak salah sih.

Mengapa harus koran? Karena biasanya di kantor, koran setiap hari ada yang masuk jika memang kantornya berlangganan dan memang semua kantor rata-rata seperti itu sih. Selain itu, melalui membaca koran juga lebih enak dan nyaman ketimbang membaca di HP, karena HP dapat merusak mata dan membuat gampang tidur.

2. Membuat Pot-Pot di Depan Kantor.

Hal ini mungkin jarang dilakukan, akan tetapi kalau di tempat saya PKL, justru membenahi pot-pot dan lingkungan kantor justru dijadwalkan tiap hari Jumat dikerjakan. Iya, mungkin karena memang tidak kerjaan kantor yang dapat dilakukan, sehingga mengambil inisiatif seperti itu. Lagi-lagi kendati demikian tergantung pada konteks dan kantornya masing-masing.

3. Edit Video dan Design

Edit Video dan Design memang bukan hal lumrah terjadi di lingkungan kantor. Namun jika Edit Video atau Design hanya diperuntukkan untuk kantor semata tentu akan jarang, hanya waktu momentum saja. Nah, apabila tidak ada kerjaaan di kantor, maka melalui Design atau Edit Video sangatlah produktif untuk dikerjakan. Selain dapat melatih proses pembelajaran, lebih bagusnya lagi hasil karya tersebut dapat diikutkan pada konteks lomba, di mana informasi lomba terus membanjiri media sosial hari ini. Lagi-lagi, Edit Video dan Design butuh keahlian khusus.

Nah, itu 3 hal sederhana yang sering dan dapat dilakukan ketika tidak ada kerjaan kantor atau dalam bahasa kerennya datang saja duduk absen. Tentu masih banyak kegiatan lain yang produktif dapat dilakukan selain main HP dan selain yang di atas, monggo coba ajalah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak