facebook

Nomor Kontak Whatsapp Kamu Hilang? Ikuti 6 Langkah untuk Mengembalikannya

Pekik
Nomor Kontak Whatsapp Kamu Hilang? Ikuti 6 Langkah untuk Mengembalikannya
Ilustrasi Aplikasi Whatsapp. (mika/unsplash)

Kehilangan nomor kontak pada aplikasi WhatsApp memang tidak mengenakan. Kamu jadi kesulitan untuk menjalin komunikasi. Lebih-lebih, nomor yang hilang adalah nomor orang-orang yang spesial dan penting.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena saat ini ada beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk menemukan kembali nomor kontak di WhatsApp yang hilang.

Di samping itu tips ini juga akan mencegah kejadian itu terulang kembali. Mengutip dari medcom, berikut ini 6 langkah-langkahnya:

1. Bersihkan data cache WhatsApp

Nomor kontak di WhatsApp yang hilang bisa disebabkan karena cache pada memori ponsel. Cache ini berfungsi untuk menyimpan data sementara. Namun, jika cache ini jarang dibersihkan akan berdampak pada kinerja WhatsApp. Ia akan menjadi lamban.

Ada baiknya kamu cek cache tersebut. Barangkali memang itu penyebabnya. Caranya, kamu masuk ke menu setting, kemudian klik WhatsApp. Setelah terlihat tampilan Apps Info, langsung klik menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache. Jika sudah dilakukan, coba menyalakan ulang ponsel kamu dan periksa kembali kontak kamu di aplikasi WhatsApp.

2. Nyalakan fitur permission

Kamu juga bisa kehilangan nomor kontak WhatsApp karena belum menyalakan fitur permission dalam pengaturan di WhatsApp. Terkadang, kamu akan kehilangan nomor kontak itu, akibat koneksi internet terputus secara tiba-tiba atau pada saat kamu merestart kembali ponselmu secara tidak sengaja.

Ada baiknya kamu menyalakan fitur permission. Di mana setiap tindakan yang dapat merugikan pengguna WhatsApp sebelumnya akan dikonfirmasi izin terlebih dahulu, agar dua kejadian tersebut dapat diantisipasi.

Caranya adalah kamu buka menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp kamu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.

3. Tampilkan semua kontak di whatsapp

Penyebab yang ketiga adalah kesalahan mengatur tampilan nomor kontak pada aplikasi WhatsApp. Bisa saja kamu keliru mengaturnya. Jika ini terjadi, kamu bisa saja langsung buka ke menu setting, kemudian pilih kontak dan checklist pilihan tampilan semua kontak.

4. Memakai kontak cadangan di Google

Apabila ketiga cara di atas tidak berhasil untuk mengembalikan nomor-nomor kontak yang hilang, kamu bisa menggunakan bantuan dari kontak cadangan yang disediakan Google. Sebab, Google dengan WhatsApp biasa saling berhungan dengan sistem yang terintegrasi.

Caranya, buka menu settings di aplikasi kontak hape kamu, lalu cari menu Contact to display, dan cek list akun Google tempat kamu mencadangkan kontak. Setelah itu, Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan kontak yang tiba-tiba hilang akan muncul kembali.

5. Gunakan histori chat WhatsApp

Ada alternatif lain untuk menemukan kembali kontak yang telah hilang di WhatsApp. Caranya adalah dengan membuka kembali obrolan yang telah jadi histori chat.

Bisa juga dengan menggunakan kata kunci pada kolom search. Jika sudah ditemukan nomor yang hilang, kamu bisa menyimpannya lagi dengan nama yang sesuai.

6. Hapus dan install ulang WhatsApp

Cara yang paling tidak kamu sukai adalah dengan menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstallnya kembali. Cara ini bisa digunakan jika semua metode di atas tidak berhasil sama sekali.

Cara ini juga akan berpengaruh pada data kamu di WhatsApp, karena kemungkinan data bisa hilang. Oleh sebab itu, sebelum kamu mencobanya, sebaiknya kamu backup datanya terlebih dahulu.

Demikianlah enam langkah untuk mengembilakan nomor kontak yang telah hilang pada aplikasi WhatsApp. Semoga dapat membantu kamu, sehingga kamu tak perlu cemas lagi kehilangan nomor-nomor kontak yang penting.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak