alexametrics

14 Fakta yang Akan Bikin Kamu Jadi Lebih Bijak Menjalani Hidup

Funcrev
14 Fakta yang Akan Bikin Kamu Jadi Lebih Bijak Menjalani Hidup
Ilustrasi seseorang sedang tertawa. [Unsplash/Ivana Cajina]

Dilahirkan ke dunia sebagai manusia tidak lain karena Sang Maha Kuasa ingin kita ada. Entah bagaimana caranya hingga terlahir, setiap orang pasti memiliki cerita dan jalan yang berbeda-beda. 

Ia ingin kita mengalami naik turun kehidupan, merasakan penderitaan, cinta, kasih sayang dan pengalaman manusiawi lainnya. Namun terkadang, di fase-fase sulit menjalani penderitaan, sebagai manusia tak jarang kita mengeluhkan akan hal-hal tersebut.

Oleh karena itu, berikut beberapa pelajaran dalam kehidupan manusia yang mungkin bisa diterima dalam benak dan pikiran kamu.

1. Usia muda memang berat

Kamu tidak sepenuhnya salah, jika menganggap usia muda adalah sebuah rintangan berat. Usia muda memang dipenuhi ketidakpastian. Orang-orang tua senantiasa membanggakan masa muda mereka dan itu tak sedikit yang justru akan membuatmu merasa kecewa.

2. Jangan khawatir dengan pilihan

Jangan khawatir jika jalan hidup yang kamu pilih berbeda dengan teman-temanmu. Percayalah, mereka juga sama seperti kamu. Adakalanya mereka bingung harus kemana.

3. Semakin sederhana hidup, semakin bergerak cepat

Memikirkan ucapan dan penilaian orang lain memang tidak akan ada habisnya. Nah, yang perlu kamu ingat adalah hidup bukan tentang apa yang mereka katakan. Lakukan yang kamu suka, kurangi gaya, dan kejar impian.

4. Dunia ini tidak senantiasa adil

Ya, benar jika kamu pernah mengeluh bahwa dunia ini tidak sepenuhnya adil. Namun itu bukan sesuatu yang buruk. Ada waktunya ketidakadilan itu juga akan berpihak kepadamu.

5. Separuh kesuksesanmu ditentukan oleh perjuanganmu

Mungkin kamu kurang setuju dengan hal ini, namun dalam hidup setidaknya kamu pasti pernah merasakan telah berjuang penuh, tetapi hasil tidak sesuai yang diharapkan.

Hal ini terjadi karena hanya separuh dari perjuangan yang menentukan keberhasilan, separuh sisanya ditentukan oleh campuran antara keberuntungan, kesempatan, dan jasa-jasa orang lain. Jangan terlalu berbangga ketika kamu berhasil, demikian pula jangan terlalu berduka ketika kamu gagal.

6. Meminta maaf lebih mudah daripada meminta izin

Ukurlah sendiri resikomu dan teruslah bergerak. Apabila salah, segera minta maaf. Jangan biarkan terlalu banyak kesempatan masa muda yang terbuang hanya untuk menunggu izin.

7. Keputusan keliru adalah ibu dari petualangan

Apabila kamu selalu mengambil keputusan yang benar, bisa jadi kedepannya hidup kamu akan membosankan. Jangan anggap kesalahan keputusan sebagai akhir dari segalanya, tapi buatlah hal tersebut menjadi awal dari petualangan untuk menempa diri kedepannya.

8. Jika tidak semahir mereka, bekerjalah lebih keras

Apabila kamu tidak bisa bekerja lebih pintar daripada mereka, maka bekerjalah lebih keras daripada mereka. Ini prinsip kompensasi.

9. Kurangi ego

Orang yang selalu berdiri di atas kedua kakinya akan kesulitan ganti celana. Jangan biarkan ego mempersulit hidupmu.

10. Waktu hidup terbatas

Untuk kamu yang masih terlalu lama mengambil keputusan, ingatlah waktu menjalani hidup ini sangat terbatas. Jangan sampai waktu kamu habis dan menyesal hanya karena belum siap menemui tantangan hidup yang lebih menegangkan.

Jika ingin lakukan, lakukan sekarang, komentar akan selalu beragam, tidak akan selesai jika kamu takut untuk memulai.

11. Jangan pernah merusak tubuh

Jangan pernah sesekali mencoba untuk merusak tubuh, kecuali kamu merasa memiliki tubuh cadangan untuk menjalani kehidupan.

12. Luangkan waktu untuk khawatir

Hidup memang penuh kekhawatiran, itu wajar karena jika hal tersebut diolah dengan baik dapat menjadi aksi-aksi nyata untuk merubah hidup. Luangkan waktu setiap hari untuk khawatir.

Berikan waktu setiap hari sepuluh menit saja khusus untuk mengkhawatirkan hidup. Selebihnya, jangan biarkan kekhawatiran mengganggu hidupmu pada 23 jam 46 menit sisanya.

13. Semua mulai dari awal

Semua ahli dulunya pemula. Semua tetua dulunya pemuda. Semua perjalanan harus dimulai dari langkah pertama.

14. Jangan percaya 100% kepada siapa pun

Hati manusia memang tidak bisa ditebak, oleh karena itu jangan pernah percaya seratus persen kepada siapapun termasuk dengan tulisan ini. Kecuali judul poin nomor sepuluh.

Itulah 14 pelajaran hidup yang mungkin bisa kamu refleksikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak