facebook

Tak Selalu Negatif, Berikut 5 Manfaat Bermain Game Online

Funcrev Id
Tak Selalu Negatif, Berikut 5 Manfaat Bermain Game Online
Ilustrasi bermain game online. (Shutterstock)

Hobi bermain video game seringkali di cap sebagai sesuatu yang amat negatif oleh sebagian orang. Banyak yang beropini bahwa bermain video game hanya memberikan dampak buruk bagi pemainnya, salah satunya adalah game online.

Tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa kegiatan tersebut hanya akan menggangu kesehatan dan lain-lain. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena jika dilakukan dengan berlebihan suatu apapun akan menimbulkan efek negatif. 

Namun, jika dilakukan dengan porsi yang tepat bermain game online dapat memberikan dampak dan manfaat yang lebih baik. 

Dilansir dari The Health Site, berikut 5 manfaat bermain game online yang banyak dirasakan oleh pemain jika dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai porsinya. 

1. Menyegarkan pikiran

Manfaat yang banyak sekali dirasakan pemain game online salah satunya adalah untuk meredakan stres atau sejenak mendinginkan pikiran. Bermain game dipercaya memberikan efek senang bagi si pemain.

Di samping itu, game juga akan membuat otak mendapatkan rangsangan baru sehingga dapat kembali merasa segar. Cobalah mainkan beberapa game yang menyenangkan dan ingat tetap dalam porsinya. 

2. Melatih kerja sama tim

Meskipun tidak dirasakan secara langsung, permainan-permainan online seperti MOBA (permainan multiplayer) atau jenis permainan lainnya ternyata memiliki manfaat yang baik dalam bentuk kerja sama, koordinasi, hingga rasa saling menghargai satu sama lain. 

Permainan yang dimainkan secara bersamaan ini, manfaatnya juga dapat dirasakan hingga di dunia nyata. Secara tidak langsung otak kita akan terbiasa berkoordinasi sebagai tim untuk mencapai kemenangan dalam video game

3. Keterampilan memecahkan masalah

Inti dari setiap video game adalah tantangan. Beberapa game bisa jadi tidak ada artinya jika tidak memiliki masalah yang harus diselesaikan. Adanya tantangan yang harus diselesaikan ini memberikan kesempatan pemain untuk mengatasi masalah dan terampil dalam menemukan solusi. 

4. Meningkatkan fungsi dan kapasitas otak

Berbagai penelitian terbaru menunjukkan bahwa bermain video game ternyata dapat membantu meningkatkan fungsi otak Anda. Bermain video game diketahui dapat meningkatkan materi abu-abu otak Anda atau dalam istilah sederhana, ukuran otak Anda.

Dikutip dari Science Alert, sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Molecular Psychiatry oleh para peneliti dari Max Planck Institute di Jerman menemukan bahwa bermain Super Mario 64 menyebabkan peningkatan ukuran daerah otak. 

Ketika para peneliti mengamati 24 peserta yang telah memainkan permainan selama 30 menit sehari selama dua bulan di bawah mesin MRI, mereka menemukan bahwa video game dapat meningkatkan materi abu-abu di hipokampus kanan, korteks prefrontal kanan, dan otak kecil, dibandingkan dengan kelompok yang tidak memainkan permainan apa pun.

Hal ini dapat memiliki efek mendalam pada fungsi otak seseorang, karena bermain video game dapat berdampak pada berbagai wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori, orientasi spasial, organisasi informasi, dan keterampilan motorik halus. 

Dapat disimpulkan bermain game dapat melatih otak dan meningkatkan fungsi otak tentunya jika dilakukan dengan cara dan porsi permainan yang tepat. 

5. Meningkatkan pengelihatan

Tidak seperti yang dirumorkan, bermain video game dengan porsi yang cukup ternyata dapat berdampak baik bagi kesehatan.

Mengutip dari Reuters, sebuah studi oleh University of Rochester menunjukkan bahwa orang yang bermain video game aksi selama beberapa jam sehari selama sebulan dapat meningkatkan penglihatan mereka sekitar 20 persen. Video game dapat membuat seseorang lebih responsif terhadap berbagai nuansa warna dan baik untuk saraf motorik mata. 

Itulah tadi 5 manfaat umum yang sering dirasakan seseorang usai bermain video game. Manfaat tersebut tentu saja dapat dirasakan saat dilakukan sesuai dengan cara dan porsi bermain yang tepat. 

Sumber:

8 Health Benefits of Playing Video Games. Dilansir dari The Health Site pada 30 Agustus 2021.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak