facebook

Jangan Boros! Berikut 5 Bentuk Self Reward Tanpa Takut Kantong Jebol

Funcrev Id
Jangan Boros! Berikut 5 Bentuk Self Reward Tanpa Takut Kantong Jebol
Ilustrasi self reward. [Unsplash/Jarritos Maxican Soda]

Setelah melakukan usaha, biasanya seseorang tidak ragu-ragu untuk membelanjakan banyak uang sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja kerasnya. Biasanya self reward dilakukan dengan membeli barang-barang baru atau membeli makanan-makanan yang harganya cukup mahal, hingga travelling ke destinasi wisata favorit. Padahal jika dipikir-pikir hal tersebut bisa jadi adalah sebuah pemborosan yang diatasnamakan apresiasi.

Daripada uang habis begitu saja, sebenarnya ada loh, cara mengapresiasi diri setelah bekerja keras tanpa takut kantong bocor. Berikut lima tips self reward, yang bisa kamu coba tanpa harus takut kantong bolong.

1. Memasak sendiri makanan kesukaan

Memasak. [unsplash]
Memasak. [unsplash]

Daripada harus membeli dengan harga yang lebih mahal, bukankah lebih bagus jika memasaknya sendiri? Selain mendapatkan pengalaman memasak yang berharga untuk yang belum mahir, juga bisa sekaligus memanfaatkannya sebagai sarana belajar. Selain itu kamu juga bisa mengatur sendiri masakan sesuai selera.

Untuk yang sedang diet, sesekali melakukan cheating day sepertinya tidaklah masalah, yaitu peraturan di mana satu hari kamu bisa mengonsumsi makanan manis atau makanan kesukaan lain dalam porsi yang besar. Hitung-hitung sebagai self reward, tapi perlu diingat jangan berlebihan dan tetap jaga kesehatan dengan berolahraga.

2. Memuaskan diri dengan menonton

Menonton. [unsplash]
Menonton. [unsplash]

Self reward hemat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menonton film atau serial drama kesukaan kamu. Selain lebih aman buat kantong, cara ini juga efektif banget untuk menghilangkan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Agar lebih menyenangkan saat menonton, kamu juga bisa tambahkan camilan untuk menemani waktu self reward kamu.

3. Melakukan perjalanan jarak dekat

Ilustrasi berlibur. [unsplash]
Ilustrasi berlibur. [unsplash]

Pergi mengunjungi destinasi wisata favorit mungkin membuat kantong kamu terkuras banyak. Melakukan perjalanan ke tempat-tempat terdekat dapat menjadi alternatif bagi kamu. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di daerah kamu atau sekadar pergi ke tempat-tempat hiburan terdekat yang tentunya lebih hemat karena tidak harus memikirkan tiket, penginapan, dan sebagainya.

Selain uang aman, keduanya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda, sama-sama bisa menyegarkan pikiran kamu setelah lelah bekerja keras. Tak hanya itu, cara ini juga lebih aman dilakukan, mengingat pandemi yang masih membahayakan seperti sekarang ini. 

4. Memuaskan diri dengan musik atau media sosial

Ilustrasi mendengarkan musik. [Unsplash]
Ilustrasi mendengarkan musik. [Unsplash]

Jika di hari-hari biasa, pekerjaan yang menumpuk membuat kamu merasa stres dan kamu tidak bisa langsung meredakannya. Maka di waktu self reward kamu bisa melakukan hal tersebut sepuasnya. Sesekali scrolling media sosial atau mendengarkan musik favorit akan jauh lebih baik dibandingkan harus memikirkan harga barang-barang mahal yang akan berbahaya bagi keuangan kamu.

Meskipun hanya scrolling media sosial atau mendengarkan musik seharian, namun sesekali self reward memang sangat penting untuk dilakukan agar kamu tidak menjadi stres dan mental tetap terkontrol.

5. Menjalankan hobi

Ilustrasi seseorang sedang menulis. [Unsplash]
Ilustrasi seseorang sedang menulis. [Unsplash]

Cara paling efektif untuk memberikan hadiah untuk diri sendiri adalah dengan melakukan hobi. Misalnya berkebun, menulis lagu, ataupun berkebun. Karena mungkin saat mengejar deadline kamu tidak punya waktu sama sekali untuk melakukan hobi maka saat yang tepat untuk melakukannya adalah saat momen self reward. Melakukan hobi yang kamu sukai dapat membuat kamu selalu terhindar dari rasa stres dan meningkatkan produktivitas diri.

Itulah tadi lima bentuk self reward yang bikin kamu tetap tenang terhadap kondisi keuangan. Sekecil apapun self rewards yang kamu berikan kepada dirimu, pastilah akan memiliki dampak yang sangat berarti terutama untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh kamu. Kamu juga perlu mendapat hadiah-hadiah kecil sebagai apresiasi atas dirimu.

Namun perlu diingat, lakukan self reward saat semua pekerjaan dan tugas-tugas sudah benar-benar selesai. Jangan sebaliknya, karena hal tersebut hanya akan membuat kamu justru menjadi malas untuk menyelesaikannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak