facebook

5 Kebiasaan yang Bisa Mengubah Total Hidup Jadi Lebih Baik, Percaya atau Tidak?

Latifah ..
5 Kebiasaan yang Bisa Mengubah Total Hidup Jadi Lebih Baik, Percaya atau Tidak?
Ilustrasi wanita tersenyum (pexels/ArtHouse Studio).

Satu hal yang senantiasa terjadi dalam hidup adalah perubahan. Bagaimana pun kamu mengelak, dunia ini akan selalu berubah. Karena itu, kalau kamu terus-menerus gak melakukan perbaikan dan peningkatan diri, maka bisa jadi korban arus perubahan itu sendiri.

Untuk mengubah hidup memang gak mudah. Tapi, kebiasaan-kebiasaan berikut ini patut dicoba. Karena kalau dilakukan dengan konsisten, dapat merubah total hidupmu jadi lebih baik. Yuk, kita simak bersama ulasan lebih lanjutnya!

1. Kurangi mengeluh dan perbanyak syukur

Selama hidup, pasti kamu akan menemukan berbagai kesulitan atau masalah. Dan wajar saja ketika merasa beban hidup itu begitu berat, kamu jadi mengeluh. Rasanya kalau sudah mengeluh, bisa sedikit mengurangi beban.

Hanya saja, jangan jadikan mengeluh sebagai kebiasaan. Karena bisa membuatmu selalu berpikir negatif. Ganti keluhan dengan perbanyak syukur. Karena seberat apapun situasi yang kamu hadapi, pasti masih ada hal-hal baik yang terjadi. Kalau suasana hatimu sudah positif, nantinya akan lebih mudah mencari solusi dari permasalahanmu.

2. Mengembangkan skill baru

Saat ini kemajuan teknologi sudah sangat mendukung untuk menimba ilmu. Ada banyak fitur yang bisa membantu mengasah skill apapun. Mulai dari pengelolaan keuangan, kemampuan bahasa asing, dan banyak hal lain yang dapat kamu pelajari secara gratis. Jadi, dimanfaatkan, ya!

3. Olahraga

Kebiasaan lain yang patut kamu latih dari sekarang, adalah olahraga. Dengan olahraga rutin, gak hanya membantumu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi juga bisa menjaga kesehatan, yang merupakan nikmat tak terhingga.

Rutin berolahraga, juga bisa menjaga suasana hatimu tetap baik, lho. Jadi, gak mudah galau, dan lebih mudah berkonsentrasi.

4. Komitmen dengan tujuan yang sudah kamu buat

Supaya hidupmu berubah total, mulai sekarang, kamu wajib berkomitmen dengan berbagai goals yang sudah kamu buat. Tentu ada alasan penting, kan, kenapa kamu membuat tujuan-tujuan itu? Makanya, jangan cuma ditulis atau diucapkan saja, tapi dilakukan.

5. Menjauhi lingkungan toksik

Lingkungan yang toksik, bisa berpengaruh besar pada kondisi mental. Selalu terpapar dengan pertemanan, maupun percintaan yang gak sehat, dapat membuatmu jadi rendah diri. Dan salah satu penyebab hidupmu stagnan, karena adanya perasaan rendah diri tersebut.

Karena itu, mulai sekarang, coba, deh, menjauh dari orang-orang yang selama ini selalu membawa pengaruh buruk. Ganti lingkunganmu dengan yang lebih positif. Hidupmu pun akan berubah ke arah positif.

Coba latih pelan-pelan kebiasaan tadi. Supaya kamu, gak cuma jadi korban perubahan zaman. Namun, bisa jadi agen perubahan itu sendiri. Mau?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak