alexametrics

Anti Gagal! 5 Cara Ampuh Tolak Permintaan Tolong

Lintang Larissya
Anti Gagal! 5 Cara Ampuh Tolak Permintaan Tolong
Ilustrasi Berbincang. (pexels.com)

Menjadi pribadi yang 'tidak enakan' pada orang lain memang menyiksa, terkadang kita dalam situasi yang tidak bisa untuk menerima permintaan tolong tersebut atau mungkin ada kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk menerima permintaan tolong tersebut. Apabila tidak ditolak secara langsung hal itu tentu akan memberatkan diri kita sendiri.

Sebenarnya, untuk menolak permintaan tolong seseorang itu tidak apa-apa, lho! Tidak perlu merasa tidak enak atau takut akan menyakiti hati orang yang meminta tolong tersebut, karena sesungguhnya diri kamu sendiri juga memiliki hak untuk menolak.

Hal berikut ini dapat membantu kamu untuk menolah permintaan tolong orang.

1. Ucapkan maaf terlebih dahulu

Maaf adalah kata ajaib untuk menghindari konflik. Mungkin orang tersebut tidak terima dengan penolakan kita, namun apabila kamu mengatakan kata maaf dan menjelaskan alasan yang logis, niscaya orang tersebut akan mengurungkan niatnya untuk memaksa lebih lanjut.

2. Ceritakan detail menolak

Beberapa orang memang tidak mudah untuk 'melepaskan' apabila tidak diberikan penjelasan. Ceritakan latar belakang dan dampak terkait kesibukan tersebut. Dengan begitu, semoga orang yang tadinya meminta tolong menjadi mengerti.

3. Tawarkan solusi lain

Apabila orang tersebut bersikeras untuk meminta tolong, coba untuk iringi penolakan itu dengan memberikan solusi atau alternatif lain. Siapa tahu orang tersebut dapat setuju dengan alternatif yang kamu tawarkan.

4. Hindari berbohong

Sebisa mungkin berikan alasan yan sejujurnya ya.. Apabila itu memberatkanmu, maka berikan penjelasan yang fakta. Berbohong mungkin akan menyelamatkanmu kali itu, tapi di waktu-waktu setelahnya, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi, entah kamu akan ketahuan yang mengharuskan kamu untuk membuat kebohongan lain untuk menutupinya. Tentu hal tersebut akan menimbulkan masalah lain.

5. Bantu setengahnya

Cara terakhir adalah kamu menerima permintaan tolongnya, namun katakan bahwa kamu hanya bisa membantu setengahnya, karena kesibukan diri kamu yang lain sehingga akan sulit untuk membantu sepenuhnya.

Kamu bisa membantu temanmu secukupnya tanpa harus merasa tidak enak atau merasa bersalah, setidaknya kamu sudah menunjukkan ketulusan dirimu untuk membantu walaupun tidak secara maksimal.

Semoga 5 tips di atas dapat membantu kamu untuk menolak permintaan tolong seseorang, ya. Jangan takut untuk menolak atau merasa bersalah. Semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak